EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 GIRIMARTO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Astari, Ratna Febri (2013) EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 GIRIMARTO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (398Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui profil awal dari studi pendahuluan penerapan budaya sekolah peserta didik, mengetahui kelayakan modul layanan informasi, dan mengetahui efektivitas penggunanaan layanan informasi untuk meningkatkan budaya sekolah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Girimarto Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian R and D (Research and Development), dengan metode eksperimen dalam pengujian efektifitasnya. Penelitian ini dilaksanakan melalui tujuh tahap yaitu 1.Penelitian dan Pengumpulan Data, 2. Perencanaan, 3. Pengembangan Draf Produk, 4. Uji Ahli dan Uji Praktisi, 5. Merevisi Hasil Uji Ahli dan Uji Praktisi, 6. Uji Coba Lapangan Terbatas, 7. Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan melalui uji meluas / uji efektivitas.Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 10 peserta didik dalam uji terbatas dan 30 peserta didik dalam uji efektivitas. Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket, observasi danwawancara. Analisis data menggunakan uji-t atau t- test. Hasil studi pendahuluan menunjukkan perilaku peserta didik yang berkaitan dengan budaya sekolah, perilaku budaya sekolah pada kategori tinggi berjumlah28 peserta didik atau 29,8%, kategori sedang berjumlah 35 peserta didik atau 37,2%, dan kategori rendah berjumlah 30 peserta didik atau sebesar 33%.Berdasarkan penilaian ahli (expert judgement), penilaian praktisi dan penilaian uji coba terbataspada modul yang dikembangkan mendapat kelayakan dengan prosentase rata-rata sebesar 88,05%. Hasil penelitian melalui pengembangan modul dinyatakan efektif untuk meningkatkan perilaku budaya sekolah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Girimarto. Terbukti dari hasil t-test, yaitu diperoleh hasil t hitung sebesar 17,397 dengan signifikansi 0,000. Karena harga signifikansi <0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang membuktikan peningkatan perilaku budaya sekolah pada subjek penelitian sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Simpulan penelitian ini adalah layanan informasi efektif dalam meningkatkan budaya sekolah pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Girimarto Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Budaya Sekolah, Layanan Informasi The objectives of this research are to investigate the initial profile of preliminary study on the application of the school cultures of the students, the feasibility of the information service module, and the effectiveness of the use of information services to improve the school cultures of the students in Grade VIII of State Junior Secondary School 2 of Girimarto in Academic Year 2012/2013. This research used Research and Development method. Its effectiveness was tested through experiment. The research was conducted through seven phases, namely: (1) research and gathering of data, (2) planning, (3) product draft development, (4) expert and practitioner judgments, (5) revision of result of experiment, (6) limited field experiment, and (7) the result of experiment through effectiveness testing. The subjects of the research students in Grade VIII 10 of them were included in the limited test, and30 were exposed to effectiveness test. The data of the research were gathered through questionnaire, observation, and indepth interview. Were analyzed by using t-test. The result of the preliminary research shows that the school culture-related behaviors of 28 students (29.8%) belong to a high category, those of 35 students (37.2%) are in a medium category, and those of 30 students (33%) are owned by a low category. Based on the expert judgment, practitioner judgment, and limited experiment evaluation, the developed module has the average percentage of 88.05%.The result of the research through the development of the module effective to improve the attitude of the school cultures of the students in Grade VIII of State Junior Secondary School 2 of Girimarto. The t-test shows that the value of the tcount = is 17.397 at the significance level of 0.000. For the significance level is smaller than 0.005, H0 is rejected and H1 is verified meaning that that there is a significant improvement in the school cultures of the students prior to and following the treatment. Based on the result of the research, a conclusion is drawn that the information services are effective to improve the school cultures of the students in Grade VIII of State Junior Secondary School 2 of Girimarto in Academic Year 2012/2013. Keywords: School culture, and information services.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 05 May 2014 21:43
    Last Modified: 05 May 2014 21:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14957

    Actions (login required)

    View Item