IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA MELALUI PROGRAM JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA (Studi Kasus di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar)

Ayu, Fransisca Anindita (2013) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA MELALUI PROGRAM JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA (Studi Kasus di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (391Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program jaminan sosial tenaga kerja di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar, tata cara pengajuan klaim jaminan sosial tenaga kerja di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar dan manfaat program jaminan sosial tenaga kerja bagi tenaga kerja di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan, yaitu data sekunder. Sumber data sekunder yang digunakan mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan nonhukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah metode deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar pada dasarnya telah melaksanakan program jamsostek dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari perusahaan tersebut telah mendaftarkan 454 orang tenaga kerja pada Program jamsostek yang meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua, sedangkan jaminan pemeliharaan kesehatan diselenggarakan sendiri oleh perusahaan. Mengenai pengajuan klaim, perusahaan tersebut sudah melakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Selama tahun 2011 s.d. tahun 2012 tenaga kerja disana telah merasakan manfaaat dari program jaminan hari tua. Pada kurun waktu tersebut tidak terdapat klaim kecelakaan kerja dan klaim kematian. Kata Kunci : Implementasi, Tenaga Kerja, Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 05 May 2014 21:07
    Last Modified: 05 May 2014 21:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14950

    Actions (login required)

    View Item