UPAYA PENINGKATAN KOMUNIKASI LISAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VCD PLAYER PADA SISWA KELAS III DI SLB B MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL

Muryati, Sri Tri (2011) UPAYA PENINGKATAN KOMUNIKASI LISAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VCD PLAYER PADA SISWA KELAS III DI SLB B MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (332Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa kelas III di SLB B Manunggal Slawi Kabupaten Tegal setelah melalui pembelajaran dengan menggunakan media VCD Player. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III di SLB B Manunggal Slawi. Dipilihnya kelas ini karena siswa kelas III sudah mulai mengenal beberapa kata dan siswa mulai berlatih komunikasi dengan lisannya , walaupun harus dengan latihan terus menerus agar siswa dapat mengucapkan dalam susunan kalimat Subyek, Predikat dan Obyeknya tidak terbalik.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskritip kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Tehnik analisis data yang sudah dikumpulkan adalah tehnik komparatif yaitu membandingkan antara siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian ini menggunakan dua siklus, yang masing masing siklus terdiri dari tahapan- tahapan : perencanaan , tindakan, pengamatan dan refleksi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : kemampuan berkomunikasi lisan siswa kelas III di SLB B manunggal Slawi dapat meningkat setelah melalui pembelajaran dengan menggunakan media VCD Payer. Kata kunci : Komunikasi lisan, Media VCD Player dan Anak Tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 05 May 2014 19:15
    Last Modified: 05 May 2014 19:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14930

    Actions (login required)

    View Item