UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL PADA SISWA TUNA GRAHITA KELAS D III C SEMESTER II DI SLB-BC YPASP WONOREJO GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN 2008/2009

Pardiyono, (2009) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL PADA SISWA TUNA GRAHITA KELAS D III C SEMESTER II DI SLB-BC YPASP WONOREJO GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (315Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan : Untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui metode drill pada siswa Tunagrahita di kelas D III C SLB-BC YPASP Wonorejo Gondangrejo Karanganyar Tahun 2008/2009. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh peneliti di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penggunaan metode drill dalam pembelajaran Matematika. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas D III C semester II SLB-BC YPASP Wonorejo Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data, teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, artinya peristiwa/kejadian yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam suatu bentuk data penilaian yang berupa nilai. Dari prosentase dideskripsikan ke arah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta prestasi belajar siswa. Penggunaan metode drill dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika tentang penjumlahan bersusun siswa Tunagrahita kelas D III C SLB- BC YPASP Wonorejo Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini dilihat dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan prestasi belajar Matematika pada kondisi awal tentang penjumlahan bersusun sebelum menggunakan metode drill, diketahui rata-rata kelas 5 ketuntasan klasikal 25%. Prestasi belajar Matematika pada siklus I tentang penjumlahan bersusun setelah menggunakan metode drill rata-rata kelas 5,75 ketuntasan secara klasikal telah mencapai 75%, pada siklus II rata-rata kelas menjadi 6,75 seluruh siswa mendapat nilai di atas 6 yang diasumsikan secara klasikal telah menuntaskan belajar Matematika tentang penjumlahan bersusun dan seluruh siswa telah menuntaskan belajar Matematika (100%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 05 May 2014 18:49
    Last Modified: 05 May 2014 18:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14924

    Actions (login required)

    View Item