PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 CANGKREPLOR PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Wijayanti, Suratmi (2010) PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 CANGKREPLOR PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (313Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika yang diajarkan melalui media bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Cangkreplor, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2009 / 2010. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus, sedangkan strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah menyusun perencanaan, mengadakan tindakan-tindakan, melakukan pengamatan atau observasi, melakukan analisa dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti tidak melakukan seleksi. Sebagai subyek penelitian sebanyak 39 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan tes. Analisa data yang dilakukan adalah analisa diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap-tiap siklus diakhiri dengan tes sehingga diketahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif berupa hasil tugas, prestasi belajar, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian sebanyak 39 siswa, pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 64,35 dan pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata 74,87. Pada siklus pertama yang mendapat nilai diatas 65 sebanyak 14 siswa ( 35,89 % ). Pada siklus kedua siswa yang mendapat nilai rata-rata diatas 65 sebanyak 30 siswa ( 76,92 % ). Terlihat datanya peningkatan yang cukup berarti. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika melalui penggunaan media bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Cangkreplor, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, tahun pelajaran 2009 / 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 05 May 2014 18:43
    Last Modified: 05 May 2014 18:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14922

    Actions (login required)

    View Item