UPAYA PENGENDALIAN FAKTOR BAHAYA KEBISINGAN DI UNIT POWER PLANT PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MINYAK DAN GAS BUMI CEPU, BLORA, JAWA TENGAH

Santoko, Septian Wisnu (2011) UPAYA PENGENDALIAN FAKTOR BAHAYA KEBISINGAN DI UNIT POWER PLANT PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MINYAK DAN GAS BUMI CEPU, BLORA, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (287Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan : Tempat kerja yang di dalamnya terdapat manusia, material, alat dan lingkungan terdapat potensi dan faktor bahaya yang jika diabaikan maka akan menyebabkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari atas permasalahan yang telah dirumuskan yaitu untuk mengidentifikasi sumber bahaya kebisingan dan bagaimana upaya pengendalian yang telah dilakukan oleh PUSDIKLAT MIGAS CEPU serta dampak dari faktor bahaya kebisingan tersebut pada tenaga kerja di Unit Power Plant. Metode : Kerangka pemikiran dari penelitian in adalah bahwa di PUSDIKLAT MIGAS CEPU terdapat faktor bahaya kebisingan di tempat kerja yang mengakibatkan terjadinya gangguan dalam bekerja sehingga diperlukan proses pengendalian menanggulangi mengenai faktor bahaya kebisingan tersebut. Hasil : Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran yang jelas dan tepat mengenai bagaimana pelaksanaan identikikasi mengenai sumber-sumber bahaya, sumber kebisingan dan potensi bahaya beserta tindakan pengendalian yang terdapat pada PUSDIKLAT MIGAS CEPU. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa kebisingan pada Unit Power Plant telah melampaui Nilai Ambang Batas (NAB). Maka pada area itu perlu adanya upaya-upaya pengendalian dari faktor bahaya kebisingan. Simpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah PUSDIKLAT MIGAS CEPU telah melakukan proses identifikasi terhadap Unit Power Plant yang terpapar bising melebihi NAB dan melakukan tindakan pengendalian terhadap tempat kerja yang melebihi NAB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 05 May 2014 05:11
    Last Modified: 05 May 2014 05:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14911

    Actions (login required)

    View Item