Penjadwalan Probabilistik dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Parkir Kendaraan Roda Dua Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Mahayu, Lasti Atmi (2011) Penjadwalan Probabilistik dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Parkir Kendaraan Roda Dua Universitas Muhammadiyah Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (57Kb) | Preview

    Abstract

    Metode penjadwalan deterministik sering digunakan dalam penjadwalan proyek. Pada kenyataannya, setiap pekerjaan mempunyai ketidakpastian durasi. Oleh karena itu, untuk mengatasi ketidapastian durasi, digunakan metode penjadwalan probabilistik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode penjadwalan dengan simulasi Monte Carlo. Dengan simulasi Monte Carlo, bisa diketahui pekerjaan apa saja yang mempunyai resiko paling besar, sehingga biasa diambil langkah antisipasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi penerapan penjadwalan dengan simulasi Monte Carlo pada pada Proyek Pembangunan Gedung Parkir Kendaraan Roda Dua Universitas Muhammadiyah Surakarta,mengetahui tingkat keberhasilan proyek, mengetahui pekerjaan yang mempunyai resiko terbesar dan respon yang diberika terhadap pekerjaan tersebut.. Pada penelitian ini, prosedur yang dilakukan adalah mengumpulkan data penjadwalan proyek, membuat netactivity diagram, menghitung estimasi durasi, melakukan simulasi dan analisis statistik deskriptif, serta menentukan respon resiko.Simulasi menggunakan metode Monte Carlo dengan bantuan software Crystal Ball Hasil simulasi menunjukkan bahwa durasi penyelesaian proyek selama 251 hari dengan kontingensi waktu 2 hari serta dengan prosentase keberhasilan 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas yang memiliki nilai sensitivitas tinggi, yaitu bongkar pagar lama sebesar 55,6%, beton bertulang sloof struktur sebesar 18,4%, kolom tipe K6 sebesar 8,7%, beton bertulang plat dak atap sebesar 6,1%. Alternatif respon risiko yang dapat diambil untuk mengatasi risiko penurunan produktivitas tenaga kerja adalah membuat kontrak forward dengan penyedia tenaga kerja, dengan batasan waktu tertentu. Kata kunci: penjadwalan probabilistik, Monte Carlo, simulasi, risiko.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 05 May 2014 02:03
    Last Modified: 05 May 2014 02:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14892

    Actions (login required)

    View Item