(B. Ekonomi) Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Lokal: Inovasi Teknologi Perbatikan dan Pola Kemitraan Usaha Ekspor

Wijaya, Mahendra and Kurniadi, Edi and Sawiji, Hery (2012) (B. Ekonomi) Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Lokal: Inovasi Teknologi Perbatikan dan Pola Kemitraan Usaha Ekspor. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mempunyai tujuan jangka panjang untuk mengembangkan kualitas SDM professional, perluasan dan peningkatan akses produksi dan perdagangan ekspor untuk pendorong industri tekstil nasional. Mengembangkan peluang dan strategi pemanfaatan sumber daya lokal, industri lokal yang terhubung dengan perdagangan internasional (ekonomi global). Pengembangan disiplin ilmu sosiologi ekonomi industri.Tujuan jangka pendek adalah inovasi teknologi industri dan pola kemitraan produksi dan perdagangan ekspor berbasis kearifan lokal.Target khusus yang ingin dicapai adalah terlaksananya alih teknologi desain dan pewarnaan batik painting yang sesuai dengan permintaan internasional.Terbentuknya pola kemitraan produksi dan perdagangan ekspor yang fungsional. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian patisipasi (terapan). Rencana penelitian dilaksanakan melalui dua tahap yaitu penelitian base line/evaluasi dan pendampingan implementasi/aksi inovasi teknologi perbatikan dan pola kemitraan usaha ekspor. Masing-masing tahap saling terkait untuk mencapai indikator keberhasilan kegiatan. Substansi penelitian tahun pertama sebagai strategi pengembangan SDM, inovasi teknologi yang mampu mendorong pengembangan industri batik disesuaikan dengan potensi lokal (Surakarta). substansi penelitian untuk tahun kedua terfokus pada strategi perdagangan batik yang mampu membuka konektivitas nasional yang terintegrasi secara lokal dan terhubung secara global, yang disertai dengan peningkatan kualitas SDM.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 04 May 2014 15:32
    Last Modified: 04 May 2014 15:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14886

    Actions (login required)

    View Item