SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN SUKOHARJO

ANGGOROWATI, YUNITA DWI (2013) SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN DIRUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (479Kb) | Preview

    Abstract

    Hospital is one of institutions focusing in public service. Information system is one of key features used by the hospital in providing the public health. Computerized based facility applied to support more efficient service. RSUD Kabupaten Sukoharjo, the only one government hospital in the town, tries to improve its quality of service by using computerized based health service as one of its strategies. The study focuses on the procedure of health service system in RSUD Kabupaten Sukoharjo. Health service system consists of three main parts; input: including registration of the patient, process: involving the data using specific computerized program, output: the result of the previous obtained data in form of reports. In the implementation of health service, the activities are influenced by driving and inhibiting factors. This research belongs to descriptive qualitative method. The data obtained using interview technique. I get the information through direct verbal communication with the local officer and the patient. Ialso develop observation and documentation techniques in collecting the data. The analysis uses interactive model that presents the obtained data that has been reduced, and then it is concluded. From the research, it can be concluded that health service system in RSUD Kabupaten Sukoharjo shows that the input data has been processed into information as output. The information used as report for the concerned institution to measure the quality of services, evaluate the results, and monitor the activities carried by RSUD Kabupaten Sukoharjo to make improvements in quality of health service. Rumah sakit merupakan salah satu lembaga pub lik yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, dimana sistem informasi merupakan salah satu faktor penting penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien, pelayanan berbasis komputerisasi perlu dilakukan. Begitu halnya yang dilakukan di RSUD Kabupaten Sukoharjo, rumah sakit ini merupakan satu-satunya rumah sakit pemerintah yang dimiliki Kabupaten Sukoharjo. Dalam menunjang pelayanan kesehatan yang diberikan RSUD Sukoharjo terus berupaya untuk menigkatkan mutu dan kualitas pelayanan yang dilakukan salah satunya dengan menerapkan sistem pelayanan kesehatan berbasis komputerisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem informasi pelayanan kesehatan di RSUD Sukoharjo. Sistem pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Sukoharjo mencakup tiga halpokok yakni sub sistem masukan (input) yang mencakup kegiatan registrasi pasein serta pencatatannya, sub sistem proses yang merupakan kegiatan mengolah dan menyimpan data yang telah didapatkan menggunakan aplikasi tertentu dengan bantuan komp uter dan sub sistem keluaran (output) dimana proses ini merupakan hasil dari data yang didapatkan sebelumnya yang berupa informasi (laporan). Dalam pelaksanaannya kegiatan sistem informasi pelayanan kesehatan tersebut dipengaruhi faktor pendorong dan penghambat. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara yakni penulis mendapatkan keterangan yang diperlukan melalui komunikasi lisan secara langsung dengan pegawai rumah sakit maupun pasien. Selain wawancara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis inter aktif yaitu mereduksi data yang telah berhasil dikumpukan kemudian disajikan dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpukan bahwa sistem informasi pelayanan kesehatan di RSUD Sukoharjo menunjukkan bahwa dari data yang masuk kemudian diproses sehingga menjadi sebuah hasil keluaran (output) yang berupa informasi. Informasi tesebut selanjutnya akan dibuat untuk laporan yang ditujukanbagi instansi yang berkepentingan yang bertujuan untuk mengukur mutu pelayanan yang diberikan, sarana evaluasi, memonitoring kegiatan yang dilakukan RSUD Sukoharjo guna melakukan perbaikan serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 04 May 2014 02:23
    Last Modified: 04 May 2014 02:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14884

    Actions (login required)

    View Item