PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI PADA DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA)

Nursolecha, Rizka Herlia (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI PADA DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (468Kb) | Preview

    Abstract

    Rizka Herlia Nursoleicha. D0109077. The Effect of Service Quality and Insfrastructure on the Publik Satisfaction (A Study on the Yogyakarta City’s Licensing Service). Thesis. Administration Science Department. Social and Political Science Faculty. Sebelas Maret University. Surakarta. 2013. 100 pages. The Licensing Service of Yogyakarta City is one of public service sectors having characteristics and relating to the public needs and interests. Basically, the implementation of the Licensing Service of Yogyakarta City’s work is directed to the implementation of public service, the one operating in licensing service area. Many achievements or awards the Licensing Service of Yogyakarta City have achieved are supported by the service quality. The assessment on service quality was conducted by the Lisencing Service of Yogyakarta City during providing service to the public. A high-quality service was expected to give the public satisfaction. Public satisfaction would be realized when it was supported by other factors affecting the public satisfaction. Many factors affecting the public satisfaction making the writer interested in finding out the effect of service quality and infrastructure on the public satisfaction in the Licensing Service of Yogyakarta City. This study was an explanatory, research. The population in this study is the licensing service users at the Licensing Agency of Yogyakarta is being proposed permit, permit re-registration, revocation of license, permit legalized, and dupliat permission in January 2013. The number of sample sampling taken consisted of 96 respondents. The sample was taken using simple random sampling. The result of instrument trial showed that the instrument used was valid with correlation coefficient of 0,361 and reliable with alpha value 0,60. The data analysis was done using a multiple linier regression analysis. The result of research showed that out of two variables affecting the public satisfaction (service quality and infrastructure), both independent variables affected the public satisfaction variable simultaneously in the Licensing Service of Yogyakarta City. Rizka Herlia Nursoleicha. D0109077. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sarana Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta). Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2013. 100 halaman. Dinas Perizinan Kota Yogyakarta adalah salah satu sektor pelayanan publik yang berhubungan dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Pada dasarnya pelaksanaan tugas Dinas Perizinan Kota Yogyakarta mengarah pada pelaksanaan pelayanan publik, yakni bergerak dalam bidang pelayanan perizinan. Dengan banyaknya prestasi atau penghargaaan yang diperoleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta maupun Kota Yogyakarta, hal tersebut didukung dengan adanya kualitas pelayanan. Penilaian terhadap kualitas pelayanan dilakukan oleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta pada saat memberian pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang berkualitas diharapkan dapat mewujudkan kepuasan bagi masyarakat. Kepuasan masyarakat hanya akan terwujud apabila didukung oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan masyarakat. Banyaknya faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat membuat penulis tertarik untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan sarana pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna pelayanan perizinan di Dinas Perizinan Kota Yogyakarta yang sedang mengajukan izin, daftar ulang izin, pencabutan izin, legalisir izin, dan dupliat izin pada bulan Januari 2013. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 96 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa instrumen digunakan valid dengan koefisien korelasi 0,361 dan reliabel dengan nilai alpha 0,60. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari kedua variabel yang mempengaruhi variabel kepuasan masyarakat (kualitas pelayanan dan sarana pelayanan) kedua variabel independen tersebut sama-sama mempengaruhi variabel kepuasan masyarakat pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, sarana pelayanan, kepuasan masyarakat, analisis regresi linier berganda, dan eksplanatori.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 03 May 2014 23:02
    Last Modified: 03 May 2014 23:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14864

    Actions (login required)

    View Item