(B. Pendidikan) Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang Berbasis Nasionalisme di Sekolah Menengah Atas dan Implikasinya terhadap Pembentukan Masyarakat Madani Kota Surakarta

Hartanto, Rima Vien Permata and Trisiana, Anita and Nuryadi, Muhhamad Hendri (2012) (B. Pendidikan) Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang Berbasis Nasionalisme di Sekolah Menengah Atas dan Implikasinya terhadap Pembentukan Masyarakat Madani Kota Surakarta. .

[img] Microsoft Word (Pendidikan Kewarganegaraan, Nasionalisme, Nasionalism Projec Citizen, Masyarakatt Madani) - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Terkikisnya rasa nasionalisme di kalangan anak didik di sekolah sudah cukup mempriharinkan. Keadaan ini apabila tidak segera diatasi maka akan berbahaya, sebab siswa sekolah dan generasi muda pada umumnya merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan bangsa menuju masyarakat madani. Sebagai suatu program pendidikan yang amat strategis bagi upaya pendidikan karakter (salah satunya karakter cinta tanah air), PKn perlu memperkuat posisinya menjadi “subjek pembelajaran yang kuat” (powerfull learning area) yang secara kurikuler ditandai oleh pengalaman belajar secara kontekstual dengan ciri-ciri : bermakna (meaningful), terintegrasi (integrated), berbasis nilai (valuebased), menantang (challenging), dan mengaktifkan (activating). Melalui pengalaman belajar semacam itulah para siswa difasilitasi untuk membangun pengetahuan, sikap, dan ketrampilan kewarganegaraan yang demokratis dalam koridor psiko-pedagogis-konstruktif. Terkait dengan hal itu, maka rancangan penelitian ini mengekplorasi pengembangan model Nasionalism Project Citizen (NPC) untuk menumbuhkan (membangkitkan) sikap nasionalisme keIndonesiaan kritis, yang memungkinkan siswa untuk aktif dan rasional dalam mengkritisi fenomena yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menemukan model pembelajaran PKn yang mendukung penanaman nilai nasionalisme, dimana model pembelajaran yang dikembangkan adalah Nasionalism Project Citizen (NPC). Motode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitan sosial yang didukung dengan kajian pustaka dan literatur dokumen yang mendukung dengan teknik trianggulasi data sesuai dengan permasalan yang dibahas. Lokasi penelitian adalah Kota Surakarta, dengan pertimbangan kondisi Kota Surakarta yang yang khas dan plural merupakan satu tantangan dalam pembentukan masyarakat madani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran PKn adalah : (1) Sikap siswa terhadap mata pelajaran PPKn yang cenderung memandang sebelah mata (meremehkan); memandang PPKn sebagai second matter, (2) Model, metode mengajar guru PPKn yang tidak variatif (monoton), (3) Sarana prasarana dan media pembelajaran yang terbatas, (4) Perangkat pembelajaran PPKn (yang dipegang guru) terbatas, (5) Penekanan pembelajaran masih di ranah knowledge (pengetahuan) (saja). Model pembelajaran yang adaptif untuk mengatasi hal itu dalam rangka menanamkan nilai nasionalisme pada siswa adalah Nasionalism Project Citizen (NPC). Nasionalism Project Citizen (NPC) adalah suatu Model pembelajaran yang dikembangkan di dunia persekolahan (SMA) yang didasarkan pada teori bahwa Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu ujung tombak dari pendidikan politik dalam rangka pembentukan warga negara yang nasionalis yang memiliki kecintaan dan kerelaan berkorban bagi bangsanya. Langkah-langkah pembelajarannya : (1) Penjelasan secara historis dan nalar nasionalisme Indonesia, (2) Mengidentifikasi masalah krisis nasionalisme dan erosi ideologi dalam masyarakat, (3) Memilih suatu masalah untuk dikaji oleh kelas, (4) Mengumpulkan informasi yang terkait pada masalah itu, (5) Mengembangkan portofolio kelas, (6) Menyajikan portofolio, (7) Melakukan refleksi pengalaman belajar.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 22:34
    Last Modified: 03 May 2014 22:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14860

    Actions (login required)

    View Item