(B. Pendidikan) Strategi Penanaman Ideologi Pancasila sebagai Solusi Terkikisnya Nasionalisme melalui Pengembangan Model Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi

Winarno, and Haryati, Sri and Muhtarom, Moh. (2012) (B. Pendidikan) Strategi Penanaman Ideologi Pancasila sebagai Solusi Terkikisnya Nasionalisme melalui Pengembangan Model Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi. .

[img] Microsoft Word (Ideologi Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Kontra Ideologi) - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi memiliki peran memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam berpikir kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan dengan paradigm semangat kebangsaan. Pengamalan terhadap ideologi pancasila menjadi masalah serius seiring dengan munculnya ideologi yang mengancam kesatuan bangsa. Kenyataan tersebut mendorong dilakukan penelitian guna menangkal terkikisnya nasionalisme dan ancaman ideologi pancasila dengan tujuan 1) memetakan potensi ancaman ideologi pancasila di kalangan mahasiswa 2) mengidentifikasi permasalahan terkikisnya nasionalisme 3) menentukan model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang mendukung penanaman ideologi pancasila. Penelitian ini berupa kualitatif deskriptif ditunjang studi pengembangan pada tahun berikutnya. Sumber data yang digunakan adalah wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive sampling, ditunjang Focus Group Discusion, observasi, studi dokumen, angket, dan data statistik yang berkaitan.Validitas menggunakan trianggulasi sumber dan metode sedangkan analisis data berupa teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi ancaman ideologi di kalangan mahasiswa berupa ancaman internal dan eksternal, ancaman internal berupa keraguan terhadap ideologi pancasila yang dipicu kekecewaan terhadap negara, sedangkan ancaman eksternal berupa upaya pihak lain dalam mensosialisasikan ideologi lain dengan beragam cara guna mengikis nasionalisme. Dukungan terhadap ideologi pancasila masih kuat pada sebagian besar mahasiswa karena mapannya keyakinan yang dimiliki. Peraturan tentang Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi telah mendukung upaya penanaman ideologi, tetapi masih menyisakan permasalahan terkait pembelajarannya, diantaranya model pembelajaran dosen yang monoton dan instrumen penilaian yang tidak sesuai kompetensi yang diukur. Strategi model yang dikembangkan adalah kontra ideologi, yang memiliki langkah-langkah khas: penjelasan secara nalar mengenai ideologi pancasila;mengkritisi ideologi yang berkembang dalam masyarakat secara nalar (ideologi kiri radikal, ideology kanan liberal, Islam fundamentalis, Islam non mainstream; menentukan sikap terhadap ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia; mengevaluasi keyakinan mahasiswa terhadap ideologi pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; melakukan refleksi terhadap hasil pembelajaran tentang ideologi pancasila dan nasionalisme.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 22:31
    Last Modified: 03 May 2014 22:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14858

    Actions (login required)

    View Item