(B. Teknologi) Rekayasa Pilot Plant Pembuatan RDF dan Synthetic Oil Berkapasitas 100 Kg/Jam Bahan Baku Sampah Kota Terseleksi melalui Teknologi Slow Pyrolysis

Himawanto, Dwi Aries and Indarto, and Saptoadi, Harwin and Rohmat, Tri Agung (2012) (B. Teknologi) Rekayasa Pilot Plant Pembuatan RDF dan Synthetic Oil Berkapasitas 100 Kg/Jam Bahan Baku Sampah Kota Terseleksi melalui Teknologi Slow Pyrolysis. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Munculnya penelitian ini didasari oleh hasil penelitian sebelumnya , yang telah mampu menemukan kondisi slow pyrolisis yang dianggap tepat untuk mengolah sampah kota terseleksi menjadi RDF dan synthetic oil, namun masih dalam sistem fixed bed pyrolysis sehingga kapasitas yang dihasilkan terbatas. Berdasarkan hal tersebut diatas maka dalam penelitian ini akan dilakukan upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi RDF dan synthetic oil dari proses pirolisis tersebut melalui satru sistem yang kontinu yaitu menggunakan sistem pirolisis type screw. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menemukan teknologi proses slow pyrolysis secara kontinu yang tepat agar mampu menghasilkan RDF dan synthetic oil dari bahan sampah kota terseleksi berdasarkan penelitian terdahulu yang mampu di scale up dalam ujud pilot plant. Untuk mencapai tujuan utama tersebut, maka detail tujuan penelitian secara khusus di tahun pertama adalah menemukan desain teknologi slow pyrolisis secara kontinu dengan sistem screw skala laboratorium yang tepat sehingga dihasilkan RDF dan synthetic oil yang minimal memiliki karakteristik termal yang sama dari hasil penelitian sebelumnya. Sedangkan tujuan khusus di tahun kedua adalah men- scale up desain teknologi proses yang telah dihasilkan dari penelitian tahun I sehingga dapat dibuat pilot plant pembuatan RDF dan synthetic oil berbahan baku sampah kota terseleksi dengan kapasitas 100 kg/jam. Penelitian tahun I (2012) telah berhasil menghasilkan prototype screw pyrolyser berkapasitas 6 kg/jam, dan produk char yang optimum didapatkan pada komposisi 70 % sampah organik – 30 % sampah anorganik, yang dipirolisis pada kondisi suhu reaktor 450 °C tanpa menggunakan reaktor bersuhu konstan. Char yang dihasilkan mengandung kadar air 1,776 %, kadar abu 9,661 %, volatile matter 66,387 % dan fixed carbon 22,178 % serta mempunyai nilai kalor sebesar 6860,148 kal/gram. Randemen proses pirolisis untuk kondisi diatas sebesar 95,3 %.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 22:26
    Last Modified: 03 May 2014 22:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14855

    Actions (login required)

    View Item