(B. Pendidikan) Model Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Lateral Thinking dan Life Skill Untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMA di Surakarta

Wahida, Adam and Prabowo, Tjahjo and Noviani, Leny (2012) (B. Pendidikan) Model Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Lateral Thinking dan Life Skill Untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMA di Surakarta. .

[img] Microsoft Word (pembelajaran, seni rupa, lateral thinking, life skill, kewirausahaan) - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran seni rupa SMA di Surakarta, 2) menemukan draft model pembelajaran berbasis lateral thinking dan life skill. 3) melaksanakan ujicoba pembelajaran seni rupa berbasis lateral thinking dan life skill. 4) menelusuri dampak pembelajaran seni rupa terhadap kreativitas siswa. Bentuk penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu dipilih sekolah yang menerapkan pelajaran seni rupa. Populasi penelitian meliputi guru seni rupa SMA di Surakarta, sedangkan sampel diambil beberapa guru dari populasi tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan analisis isi dokumen.Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi sumber, peer debriefing, dan recheck. Dari penelitian ini dihasilkan beberapa hal yaitu: 1) deskripsi pembelajaran seni rupa sebelum dilakukan penelitian; guru hanya melaksanakan pembelajaran yang bertumpu pada aspek pengetahuan dan ketrampilan teknis berkarya seni saja, belum berupaya mengembangkan model yang menumbuhkan kreativitas dan jiwa kewirausaaan sebagai bekal ketrampilan hidup siswa. 2) susunan draft model pembelajaran berbasis lateral thinking dan life skill yang menekankan proses berpikir tentang materi pembelajaran melalui berbagai sudut pandang dengan melibatkan siswa secara penuh dalam mengamati, menyelami, dan menemukan materi yang dipelajari serta menghubungkannya dengan pengalaman batin dan situasi kehidupan nyata. 3) deskripsi hasil uji coba materi pembelajaran yang menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran, prosesnya lebih menyenangkan, menantang, menumbuhkan kreativitas dan kepercayaan diri. 4) siswa dapat memahami makna materi pelajaran dengan mengaitkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan berpikir kreatif dengan cara pandang yang berbeda dan secara fleksibel dapat diterapkan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan sekaligus menyambut berbagai peluang. (5) siswa mampu mengonstruksi ide dan mengaplikasikannya dalam karya seni rupa terapan seperti: desain kaos, stiker, sandal dan tempat pensil, sebagai produk yang memiliki peluang usaha.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 22:21
    Last Modified: 03 May 2014 22:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14852

    Actions (login required)

    View Item