(B. Seni) Pemetaan dan Konservasi Disain Batik Tradisi sebagai Langkah Cultural Haritage dalam Pengembangan Berbasis Local Genius di Era Industri Kreatif

Sarwono, (2012) (B. Seni) Pemetaan dan Konservasi Disain Batik Tradisi sebagai Langkah Cultural Haritage dalam Pengembangan Berbasis Local Genius di Era Industri Kreatif. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (47Kb)

    Abstract

    Arus globalisasi dan perubahan sistem membawa implikasi luas terutama terhadap keberadaan karya tradisi seperti kerajinan batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri. Pengaruh globalisasi disatu sisi memberi pengaruk kuat masuknya budaya global kedalam masyarakat lokal melalui berbagai media, sehingga akan mendesak atau mempengaruhi unsur-unsur budaya lokal untuk berubah bahkan diambil alih. Disisi lain, globalisasi sekaligus juga memberi kemungkinan terjadinya dialog antar budaya lokal dan budaya global, sehingga terjadilah dialog budaya yang saling menguntungkan. Warisan budaya lokal seperti seni batik tradisi dalam berbagai bentuknya menjadi kekayaan masyarakat yang menyimpan pengetahuan serta kearifan lokal yang tinggi nilainya. Penelitian ini mencoba menginventarisasi warisan seni batik tradisi Jawa, sehingga dapat menjadi hak kekayaan intelektual masyarakat setempat. Karena budaya seni kerajinan batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri merupakan salah satu warisan budaya masyarakat yang masih berkembang sampai saat ini. Dalam penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang dibahas, yaitu : Berdasarkan permasalahan tentang batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri yang diuraikan di atas, maka dapat dibuat suatu rumusan mengenai permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut: Bagaimana latar belakang adanya batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri, dalam kaitannya dengan budaya Surakarta. Bagaimana mengembangkan jenis-jenis motif batik tradisi. Bagaimana mengembangkan proses dan bahan yang digunakan untuk produk tenun ikat tradisi. Bagaimana mengembangkan kualitas produk batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri melalui pengembangan disain dan fungsi dalam rangka peningkatan ekonomi produk kreatif di era global. Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian yang mendalam tentang peningkatan produk tenun ikat tradisi melalui pengembangan disain. Adapun penelitian yang dilakukan mengarah kajiannya untuk: Mengetahui latar belakang adanya batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri dalam kaitannya dengan budaya Surakarta, Mengembangkan jenis-jenis motif batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri, Mengembangkan proses dan bahan yang digunakan untuk produk batik tradisi, dan dapat dijadikan salah satu dasar pengembangan kualitas produk batik tradisi di Kec. Tirtomoyo, Kab. Wonogiri melalui pengembangan disain, material, fungsi dalam rangka peningkatan kualitas dan ekonomi produk kreatif di era global, serta perlindungan HKI, publikasi majalah nasional terakreditasi dan buku ajar.

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 21:52
    Last Modified: 03 May 2014 21:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14833

    Actions (login required)

    View Item