(B. Teknologi) Desain Alat ukur Weight in Motion ( WIM ) untuk Jembatan Timbang Berbasis Sensor Serat Optik dari kabel serat optik Telkom

Yunianto, Mohtar and Marzuki, Ahmad and Anwar, Fuad (2012) (B. Teknologi) Desain Alat ukur Weight in Motion ( WIM ) untuk Jembatan Timbang Berbasis Sensor Serat Optik dari kabel serat optik Telkom. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Kajian secara experimen tentang Desain Alat ukur Weight in Motion ( WIM ) untuk Jembatan Timbang Berbasis Sensor Serat Optik dari kabel serat optik Telkom telah dilakukan, penelitian ini merupakan bagian skema besar dari group riset photonics dan optik. Tahun pertama pada penelitian ini telah dilakukan dalam 4 tahap, tahap 1 yaitu ditujukan untuk menguji karakteristik Fiber Light Loss akibat pembengkokan menggunakan beberapa macam fiber serta variasi model. Tahap kedua adalah Desain prototype alat untuk pembengkokan fiber. Tahap ketiga adalah pembuatan suatu rangkaian alat serta program komputer yang dapat menampilkan hasil perubahan beda potensial berupa rugi-rugi serat optik di komputer. Tahap terakhir adalah gabungan hasil dari tahap pertama dan ketiga. Penelitian ini menggunakan Serat optik jenis POF yang memiliki variasi diameter 3 mm, 0,5 mm dan 0,1 mm, serta variasi jumlah bending yaitu 3 pin bending dan 5 pin bending. Serat optik diletakkan diantara pin bending kemudian dilakukan penekanan pada arah tegak lurus sumbunya sedemikian hingga terbentuk lekukan pada fiber optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga jenis serat optik di atas nilai rugi-ruginya meningkat seiring dengan bertambahnya nilai pergeseran jari-jari akibat penekanan. Perubahan nilai rugi-rugi terhadap jumlah pin secara umum meningkat dengan makin banyaknya jumlah pin bending. Sebuah model alat ukur Weight in Motion ( WIM ), rangkaian alat konversi serta program aplikasi untuk menampilkan hasil berupa perubahan intensitas pada proses bending telah berhasil dibuat. Hasil prototype sensor WIM sensor yang telah dibuat dapat digunakan sebagai sensor untuk alat Weight in Motion dimana hasil analisis menunjukan sensitivitas sensor tinggi, adanya kelinierannya terhadap rugi-rugi serat optik dengan R2 bernilai 0.989.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 21:37
    Last Modified: 03 May 2014 21:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14826

    Actions (login required)

    View Item