(B. Teknologi) Pengembangan Sel Surya Berbasis Dye dengan Teknologi Deposisi Murah Menggunakan Flame Assisted Spray Deposition

Purwanto, Agus and Widiyandari, Hendri (2012) (B. Teknologi) Pengembangan Sel Surya Berbasis Dye dengan Teknologi Deposisi Murah Menggunakan Flame Assisted Spray Deposition. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Energi matahari dapat digunakan sebagai sumber energi listrik dengan menggunakan sebuah alat konversi yang dinamakan sel surya. Saat ini, telah dikembangkan sel surya murah berbasis dye (Dye-Sensitized Solar Cells, DSSCs). Dalam proses pembuatannya memerlukan beberapa langkah mulai dari pembuatan film TiO2 dan annealing yang lama. Pada penelitian ini, sel surya jenis DSSCs dibuat dengan menggunakan metode spray deposition. Metode ini telah berhasil dikembangkan untuk membuat gelas transparan konduktif (FTO-Flourinated Tin Oxide) sebagai elektroda DSSCs. Dengan metode ini, film TiO2 sebagai elektroda kerja DSSC dapat dibuat dengan menggunakan titania amorphous. Film titania yang terbentuk kemudian dipanaskan untuk meningkatkan kristalinitasnya. Untuk membuat sel surya, film titania di sandwich dengan elektroda kaunter. Sel surya yang telah diperoleh dikarakterisasi dengan menggunakan solar simulator dengan intensitas cahaya AM 1,5 G (1000 W/m2). Pada kondisi optimal, sel surya yang telah dibuat mempunyai Voc sebesar 0,653 V ; densitas arus sebesar 5,96 mA/cm2, dan fill factor sebesar 0,752. Efisiensi sel surya ini adalah sebesar 2,93 %. Bila dibandingkan dengan menggunakan titania komersial, metode yang dikembangkan ini menghasilkan DSSC dengan efisiensi yang lebih tinggi. Sebagai perbandingan, DSSC menggunakan titania komersial menghasilkan efisiensi sebesar 2,8 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode spray titania amorphous mampu menghasilkan sel surya dengan kualitas yang baik.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 21:34
    Last Modified: 03 May 2014 21:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14825

    Actions (login required)

    View Item