NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN ASPEK SOSIAL BUDAYA NOVEL BIOGRAFI SEPATU DAHLAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA BIOGRAFI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA

Khofiyana, Eva (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN ASPEK SOSIAL BUDAYA NOVEL BIOGRAFI SEPATU DAHLAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA BIOGRAFI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (701Kb) | Preview

    Abstract

    Eva Khofiyana. K1209026. NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN ASPEK SOSIAL BUDAYA NOVEL BIOGRAFI SEPATU DAHLAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA BIOGRAFI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013. Penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan yang terungkap dalam novel biografi Sepatu Dahlan; (2) aspek sosial budaya yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan; dan (3) relevansi novel biografi Sepatu Dahlan sebagai bahan ajar membaca biografi di SMA. Novel biografi Sepatu Dahlan menceritakan kisah hidup Dahlan Iskan semasa remaja dengan latar sosial budaya dan pendidikan yang menarik dan inspiratif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisis isi atau content analysis. Data penelitian berupa dokumentasi berbentuk novel, yakni novel biografi Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, 2012, Jakarta. Validitas data berupa triangulasi teori dan sumber. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, catat, serta wawancara. Analisis data yakni analisis data interaktif yang meliputi tiga komponen di antaranya reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai pendidikan novel Sepatu Dahlan terdiri atas nilai pendidikan agama, yaitu ketaatan dalam menjalankan ibadah, senantiasa berdoa, ikhlas, berserah diri dan berbaik sangka kepada Allah, nilai pendidikan sosial, berupa rasa kasih sayang, kepedulian, kemampuan memberi nasihat yang konstruktif kepada teman, kerjasama yang baik dalam tim, berempati, nilai pendidikan moral, berupa kesederhanaan, pantang menyerah, jujur, disiplin, kerja keras, tekun, membanggakan orangtua, semangat sportivitas, berbaik sangka, visioner, dan kreatif, (2) aspek sosial budaya pada novel meliputi budaya yang terdiri atas sistem religi, sistem kemasyarakatan atau organisasi, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem teknologi dan peralatan, adat istiadat; ekonomi (pekerjaan serta permasalahan ekonomi sekaligus pemecahannya), dan kehidupan khas pedesaan, (3) berdasarkan analisis novel dan wawancara dengan pengarang, guru, dan siswa, novel Sepatu Dahlan relevan dipergunakan sebagai bahan ajar membaca biografi berbasis pendidikan karakter bagi siswa SMA kelas XI. Oleh karena itu, dengan adanya analisis novel biografi Sepatu Dahlan diharapkan bahan ajar membaca biografi SMA kelas XI lebih bervariasi. Siswa juga dapat meneladani nilai-nilai pendidikan serta tokoh dalam novel biografi tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 20:37
    Last Modified: 03 May 2014 20:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14804

    Actions (login required)

    View Item