PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU PADA PENGINTEGRASIAN MATERI PENGURANGAN RISIKO BENCANA ERUPSI GUNUNGAPI MERAPI DALAM MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PENGETAHUAN KEBENCANAAN DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SMP DI LERENG GUNUNGAPI MERAPI KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN

Pembriati, Erly Zohrian (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU PADA PENGINTEGRASIAN MATERI PENGURANGAN RISIKO BENCANA ERUPSI GUNUNGAPI MERAPI DALAM MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PENGETAHUAN KEBENCANAAN DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SMP DI LERENG GUNUNGAPI MERAPI KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (533Kb) | Preview

    Abstract

    Erly Zohrian Pembriati, 2013. S881108004. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU PADA PENGINTEGRASIAN MATERI PENGURANGAN RISIKO BENCANA ERUPSI GUNUNGAPI MERAPI DALAM MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PENGETAHUAN KEBENCANAAN DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SMP DI LERENG GUNUNGAPI MERAPI KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN. Tesis : Pembimbing I Prof. Dr Sigit Santosa, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sarwono, M.Pd. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Minat Utama Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terpadu pada pengintegrasian materi pengurangan risiko bencana erupsi Gunungapi Merapi dalam mata pelajaran IPS terhadap pengetahuan kebencanaan dan kesiapsiagaan bencana pada siswa SMP di lereng Gunungapi Merapi Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non rondomized control group, preetest dan posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP di lereng Gunungapi Merapi Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten dan sampelnya adalah siswa kelas VII E SMPN 2 Kemalang sebagai kelas eksperimen (kelas dengan penerapan model pembelajaran terpadu) dan siswa kelas VII E SMPN 1 Kemalang sebagai kelas kontrol (kelas dengan penerapan model pembelajaran parsial). Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (Anacova). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran terpadu pada pengintegrasian materi pengurangan risiko bencana erupsi Gunungapi Merapi dalam mata pelajaran IPS sangat efektif meningkatkan pengetahuan kebencanaan dan kesiapsiagaan bencana pada siswa SMP di lereng Gunung Merapi Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 20:31
    Last Modified: 03 May 2014 20:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14799

    Actions (login required)

    View Item