PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PT. DEWI SAMUDRA KUSUMA DI SURAKARTA

PAUNDRA, SONNY (2013) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PT. DEWI SAMUDRA KUSUMA DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (449Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi produk (product), penetapan harga (price), saluran distribusi (place), dan metode promosi (promotion), yang diterapkan oleh PT. Dewi Samudra Kusuma. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dari kegiatan observasi dan wawancara langsung pada karyawan pendamping magang. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung melalui beragam sumber bacaan yang ada baik buku-buku perpustakaan, perkuliahan serta data-data perusahaan sebagai sarana penunjang guna melengkapi penulisan tugas akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat maka dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Dewi Samudra Kusuma merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur garment dan printing, yang memproduksi produk utama penjualan yang berupa sport-wears, t-shirts, jackets, sweat shirts yang berkualitas, hal ini dapat dilihat dari penerapan pengerjaaan yang professional dan mengutamakan produk yang berkualitas. PT. Dewi Samudra Kusuma adalah perusahaan yang menjalin rekanan dengan beberapa perusahaan, karena didalam proses pembuatan produknya tidak terlepas dari peran buyer dalam pemesan order produk season per tahun. PT. Dewi Samudra Kusuma dalam menetapkan harga berpedoman pada kombinasi dari lima faktor yang mempengaruhi harga yaitu keadaan ekonomi, biaya, permintaan pasar, persaingan dan tujuan perusahaan. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Dewi Samudra Kusuma yaitu melalui promosi penjualan, periklanan, penjualan perseorangan. PT. Dewi Samudra Kusuma dalam mendistribusikan produknya menggunakan saluran distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Saran yang dapat diberikan kepada. PT. Dewi Samudra Kusuma adalah, untuk elemen produk PT. Dewi Samudra Kusuma harus mengoptimalkan peluang usaha, karena perusahaan mendapat kepercayaan dari beberapa perusahaan buyer dalam pemesanan produk, yaitu dengan tepat waktu membuat pemesanan produk sesuai jadwal pemesanan, dan memprioritaskan pengerjaan yang professional dan mengutamakan kualitas produ. Untuk elemen harga PT. Dewi Samudra Kusuma dalam menetapkan harga produk harus lebih mempertimbangkan penetapan harga yang dilakukan pesaing, mengingat persaingan dalam jenis industri usaha yang sama sangat ketat. Untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi tentang produk-produk terbaru dari PT. Dewi Samudra Kusuma, sebaiknya perusahaan melakukan promosi melalui pemasangan iklan di televisi lokal daerah, radio atau surat kabar dan jejaring sosial. Saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. Dewi Samudra Kusuma dalam menyalurkan produknya ke buyer menggunakan saluran distribusi langsung maupun tidak langsung karena dianggap menguntungkan bagi perusahaan dalam menjaga hubungan dengan buyer. Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Distribusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 20:23
    Last Modified: 03 May 2014 20:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14782

    Actions (login required)

    View Item