WACANA IKLAN AXIS (SEBUAH KAJIAN STILISTIKA)

Mughofar, Muhammad Nur Kholis (2013) WACANA IKLAN AXIS (SEBUAH KAJIAN STILISTIKA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (255Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan (1) pemilihan atau pemakaian kosa kata (diksi) dalam iklan provider telepon seluler AXIS di televisi; (2) citraan dalam iklan provider telepon seluler AXIS di televisi; (3) majas dalam iklan provider telepon seluler di televisi (4) daya resepsi pemirsa terhadap iklan provider telepon seluler AXIS di televisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa dokumen rekaman berbentuk video, yakni tayangan iklan provider telepon seluler Axis yang berupa penyampaian iklan dalam bentuk tulisan maupun monolog, percakapan, maupun lirik lagu, dan hasil tayangan iklan provider telepon seluler Axis itu sendiri pada media audio visual televisi swasta nasional yang diduh dari internet. Validitas data berupa triangulasi teori dan sumber. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, serta wawancara. Analisis data, yakni analisis data jalinan atau mengalir yang meliputi tiga komponen di antaranya reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pilihan kata dalam AXIS demikian kaya dan variatif, dijabarkan sebagai berikut: (a) di antara diksi dalam stilistika kata nama diri atau sapaan yang paling dominan, disusul kata serapan, kata konotatif, kata konkret dan kata tidak baku. Pada iklan AXIS penggunaan kata nama diri atau sapaan akan menimbulkan kekhasan tersendiri dari iklan tersebut; (b) majas dalam iklan AXIS meliputi, yaitu majas personifikasi, majas metafora, sinekdok (c) citraan dalam iklan AXIS meliputi, yaitu citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan gerak, citraan perabaan, dan citraan intelektual. Di antara kelima citraan tersebut, citraan penglihatan yang paling dominan; (d) dari berbagai pemirsa yang peneliti wawancarai sebagian besar pemirsa meresepsi iklan tersebut menarik. Menurut pemirsa penggunaan diksi dalam iklan AXIS tersebut juga bervariasi sehingga iklan tidak monoton. Selain itu, menurut pendapat informan pemanfaatan iklan dalam pembelajaran menyatakan iklan khususnya iklan AXIS sangat menarik dijadikan sebagai media dalam pembelajaran. Materi yang diajarkan yang berhubungan dengan iklan yaitu materi mengenai menulis paragraf atau karangan persuasif. Sebagai materi yang kaya akan variasi diksi, majas, dan citraan iklan khususnya iklan AXIS dapat menjadi sarana edukatif dan mudah diperoleh saat ini. Kata kunci : iklan AXIS, stilistika, diksi, majas, citraan, resepsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 20:10
    Last Modified: 03 May 2014 20:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14766

    Actions (login required)

    View Item