PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 02 PASEBAN JUMAPOLO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013

KUSUMA, OKTAVIANIA YUNING (2013) PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 02 PASEBAN JUMAPOLO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (462Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk meningkatkan pencapaian nilainilai karakter melalui model inquiry pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 02 Paseban Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 17 siswa dan guru kelas IV SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar, Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inquiry dapat meningkatkan pencapaian nilai-nilai karakter. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya skor nilai-nilai karakter setiap tindakan. Skor nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada pratindakan 48,23, skor meningkat pada siklus I menjadi 54,70, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 63,52. Skor nilai karakter kemandirian siswa pada pratindakan 47,05, skor meningkat pada siklus I menjadi 53,82, dan pada siklus II skor meningkat lagi menjadi 60,58. Skor nilai karakter peduli lingkungan siswa pada pratindakan 54,71, skor meningkat pada siklus I menjadi 59,41, dan skor meningkat lagi pada siklus II menjadi 66,17. Skor nilai karakter peduli sosial siswa pada pratindakan 55,58, skor meningkat pada siklus I menjadi 59,11, dan skor meningkat lagi pada siklus II menjadi 60,58. Skor nilai karakter disiplin siswa pada pratindakan 55, skor meningkat pada siklus I menjadi 61,76, dan skor meningkat lagi pada siklus II menjadi 63,52. Skor nilai karakter komunikatif siswa pada pratindakan 55, skor meningkat pada siklus I menjadi 61,17, dan skor meningkat lagi pada siklus II menjadi 62,94. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan pencapaian nilai-nilai karakter pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013 Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPA The purpose of this research was to improve the target scoring of character in science lessons at the fourth grade students of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year through inquiry learning model. The form of this research was classroom action research that has been done in two cycles, each cycle consist of three meeting. Each cycle has four phases, those are planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were the fourth grade students and teacher of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year. Data collecting techniques used interviews, observations, documentations, and questionnaires. The techniques of data analysis used analytical interactive model. The result of this research was shown that implementation of inquiry learning model could improve the target scoring of character. The improvements can be seen by attainment of character values in each cycle. Score of curiousity character in pre-cycle were 48,23, increase in first cycle became 54,70, and increase again in second cycle became 63,52. Score of independence character character in pre-cycle were 47,05, increase in first cycle became 53,82, and increase again in second cycle became 60,58. Score of environmental care character character in precycle were 54,71, increase in first cycle became 59,41, and increase again in second cycle became 66,17. Score of social care character in pre-cycle were 55,58, increase in first cycle became 59,11, and increase again in second cycle became 60,58. Score of discipline character in pre-cycle were 55, increase in first cycle became 61,76, and increase again in second cycle became 63,52. Score of communicative character in pre-cycle were 55, increase in first cycle became 61,17, and increase again in second cycle became 62,94. The conclusion of this research was implementation of inquiry learning model could improve the target scoring of character curiousity, independence, environmental care, social care, discipline, communicative in science lessons at the fourth grade students of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year. Keywords : Inquiry Learning Model, Student Characters, Science Lessons.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 20:01
    Last Modified: 03 May 2014 20:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14758

    Actions (login required)

    View Item