ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Mahmudah, Isni Rifa’atul (2013) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (669Kb) | Preview

    Abstract

    Isni Rifa’atul Mahmudah. ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2013. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Teori Kinetik Gas di SMA Negeri 7 Surakarta, (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal Teori Kinetik Gas di SMA Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian dipilih sebanyak 10 siswa dari 25 siswa kelas XI IPA 5, dengan teknik sampel bertujuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi , tes, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu membandingkan antara data hasil observasi guru dan siswa, data hasil tes siswa, dan data hasil wawancara dengan beberapa siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok Teori Kinetik Gas adalah kesalahan strategi (84%), kesalahan terjemahan (92%), kesalahan konsep (56%), dan kesalahan hitung (44%), (2) Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok Teori Kinetik Gas adalah: (a) penyebab kesalahan strategi: siswa kurang teliti, dan belum dapat membedakan penggunaan simbol-simbol Fisika; (b) penyebab kesalahan terjemahan: siswa kurang teliti, lupa, bingung dengan satuan dan simbol Fisika; (c) penyebab kesalahan konsep: siswa belum memahami dan bahkan tidak tahu konsep-konsep yang terkandung dalam materi pokok Teori Kinetik Gas dan siswa hanya menghafal rumus; (d) penyebab kesalahan hitung: siswa kurang teliti, bingung dan tergesa-gesa dalam melakukan perhitungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 19:57
    Last Modified: 03 May 2014 19:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14751

    Actions (login required)

    View Item