STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA KELAS X SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KARTIKASARI, YEKTI (2013) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA KELAS X SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (469Kb) | Preview

    Abstract

    Yekti Kartikasari. K3309088. STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA KELAS X SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran menggunakan metode Teams Games Tournaments (TGT) dan metode Student Teams Achievement Divisons (STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon, (2) pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon, (3) interaksi antara pembelajaran melalui metode Teams Games Tournaments (TGT) dan metode Student Teams Achievement Divisons (STAD) dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan ANAVA dua jalan yaitu rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester genap di SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 8 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen I (pembelajaran dengan metode TGT) dan kelas eksperimen II (pembelajaran dengan metode STAD). Pengambilan data penelitian menggunakan tes kognitif, angket afektif, dan tes kemampuan memori. Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan sel tak sama berbantuan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran melalui metode TGT dan metode STAD terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran melalui metode TGT dan metode STAD terhadap prestasi belajar afektif pada materi hidrokarbon; (2) terdapat pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa, tetapi tidak terdapat perbedaan pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar afektif siswa pada materi hidrokarbon; (3) Tidak terdapat interaksi antara metode TGT dan metode STAD dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi hidrokarbon.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 19:46
    Last Modified: 03 May 2014 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14727

    Actions (login required)

    View Item