STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI METODE CTT PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Murti, Dian TRi (2011) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI METODE CTT PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. -.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (829Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian adalah (1) Mengetahui perbedaan dalam pencapaian hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan ekspositori metode ceramah tanya jawab tugas. (2) Mengetahui apakah pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik digunakan dalam pencapaian hasil belajar siswa dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori metode ceramah tanya jawab tugas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental nyata (True Experimental Design) dengan rancangan Posttest Only Control Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI program Ilmu Sosial SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011, yang berjumlah 75 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 47 siswa yang berasal dari dua kelas, yaitu kelas XI IS-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IS-3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data untuk nilai kemampuan akhir menggunakan test objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik t-test. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang meliputi ranah kognitif yang diperoleh dari tes objektif yang berbentuk pilihan ganda dan ranah afektif serta psikomotor yang diperoleh dengan skala nilai bentuk angka. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan Uji Chi kuadrat yang digunakan untuk menguji keadaan distribusi sampel, uji homogenitas dengan metode Bartlet dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar.Berdasarkan hasil analisis diperoleh : 1) Perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 pada ranah kognitif thitung = 2.1786 > ttabel = 1.68, ranah afektif thitung = 4.4551 > ttabel = 1.68 dan ranah psikomotor thitung = 2.5150 > ttabel = 1.68, artinya pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan perbedaan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Surakarta pada materi kertas kerja. 2) Nilai rerata kelas eksperimen ranah kognitif sebesar 72.78, ranah afektif sebesar 28.11 dan ranah psikomotor sebesar 6.33 lebih tinggi daripada nilai rerata kelas kontrol ranah kognitif sebesar 68.00, ranah afektif sebesar 24.05 dan ranah psikomotor sebesar 4.40, artinya kelas yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsawlebih baik hasil belajarnya dibandingkan kelas yang diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori metode CTT.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 03 May 2014 19:29
    Last Modified: 03 May 2014 19:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14690

    Actions (login required)

    View Item