Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Secara Elektronik (E- Procurement) Oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Surakarta

SARI, NUR LAILI KUSUMA (2013) Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Secara Elektronik (E- Procurement) Oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Surakarta. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (462Kb) | Preview

    Abstract

    Nur Laili Kusuma Sari. D0109070. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Secara Elektronik (E- Procurement) oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Surakarta.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2013. Pemerintah telah memberikan perhatian serius berkaitan dengan proses pengadaan barang/ jasa. Hal ini dikarenakan terjadi kebocoran pengadaan barang dan jasa.Pada era sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat dan pemerintah memanfaatkannya untuk meningkatkan keterbukaan informasi kepada publik. Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, pemerintah kota Surakarta menerapkan sistem informasi manajemen pengadaan secara elektronik (e- procurement). Tujuan penerapkan sistem informasi manajemen pengadaan secara elektronik ini adalah untuk meningkatkan transparasi, akuntabilitas, efektif, efisiensi dan memenuhi kebutuhan akses informasi bagi para pengguna jasa. Penelitian ini memfokuskan pada penerapan sistem informasi manajemen pengadaan secara elektronik (e- procurement) dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem informasi manajemen pengadaan secara elektronik (e- procurement) oleh LPSE Surakarta serta kendala yang dihadapi oleh LPSE Surakarta. Penelitian ini dilakukan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Surakarta.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan.Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data.Tekhnik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen pengadaan secara elektronik (e- procurement) oleh LPSE Surakarta dapat dikatakan belum maksimal.Dari beberapa tingkatan yaitu Publikasi, Interaksi, transaksi dan transformasi sudah dapat dilaksanakan, namun dalam tahap transaksi masih terdapat kendala.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 19:12
    Last Modified: 03 May 2014 19:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14658

    Actions (login required)

    View Item