PENGARUH MARKET-TO-BOOK RATIO, FIRM SIZE, TANGIBILITY OF ASSETS, FIRM PROFITABILITY DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGGUNAAN LEVERAGE PERUSAHAAN

AQBAR, MUHAMMAD (2014) PENGARUH MARKET-TO-BOOK RATIO, FIRM SIZE, TANGIBILITY OF ASSETS, FIRM PROFITABILITY DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGGUNAAN LEVERAGE PERUSAHAAN. -.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1202Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh market-to-book ratio terhadap leverage, pengaruh firm size terhadap leverage, pengaruh tangibility of assets terhadap leverage, pengaruh profitability terhadap leverage, pengaruh tingkat pertumbuhan perusahaan terhadap leverage serta pengaruh bersama-sama market-to-book ratio, firm size, tangibility of assets, firm profitability serta tingkat pertumbuhan perusahaan berpengaruh dalam penggunaan leverage perusahaan. Variabel Independen yang diteliti meliputi market-to-book ratio, firm size, tangibility of assets, firm profitability, dan tingkat pertumbuhan perusahaan dapat mempengaruhi variabel dependen leverage perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2008. Sampel yang diambil sebanyak 60 perusahaan dengan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian normalitas data, pengujian asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan pengujian koefisien regresi simultan (Uji F), pengujian ketepatan perkiraan (Uji R2), pengujian koefisien regresi parsial (Uji t) dan uji beda. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial hanya variabel market-to- book raio, firm size, firm profitability yang berpengaruh terhadap leverage perusahaan, sedangkan secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap leverage perusahaan. Kata kunci : leverage, market–to-book ratio, size, tangibility of assets, profitability, dan tingkat pertumbuhan perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 03 May 2014 19:09
    Last Modified: 02 Sep 2016 12:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14652

    Actions (login required)

    View Item