IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KOTA SURAKARTA (BPMKS)

Setiana, Desi (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KOTA SURAKARTA (BPMKS). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (532Kb) | Preview

    Abstract

    Desi Setiana, D0109019, Efektivitas Implementasi Program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS), Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2013, 80 Hal. Kota Surakarta mempunyai program untuk menyelesaikan masalah pendidikan yaitu Program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS). Salah satu tujuan Program BPMKS yaitu sebagai program untuk mensukseskan Program Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun. Dalam implementasinya masih ditemukan adanya anak putus sekolah di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama sehingga Program BPMKS perlu mendapat evaluasi tentang implementasinya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Program BPMKS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Tehnik pengumpulan data diperoleh melalui studi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Tehnik pengambilan sampel untuk penentuan informan diperoleh dengan tehnik purposive sampling.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa proses Implementasi Program BPMKS meliputi 3 proses, yaitu sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Proses sosialisasi dilakukan dalam 2 bentuk yaitu langsung dan tidak langsung. Dalam pelaksanaan program sudah berjalan efektif. Tahapan evaluasi dilakukan dengan mengadakan pertemuan untuk melakukan koordinasi. Faktor yang mempengaruhi Implementasi Program BPMKS yaitu komunikasi, sumberdaya, sikap pelaksana, dan dukungan masyarakat. Komunikasi secara horizontal berjalanan baik sedangkan secara vertikal masih kurang. Dalam implementasi BPMKS dipengaruhi dua sumberdaya yaitu manusia dan finansial. Sumberdaya manusia secara kualitas masih ada yang kurang di satuan Sekolah Menengah dan secara kuantitas di tingkat Sekolah Dasar. Untuk sumberdaya finansial mengalami masalah yaitu telatnya waktu pencairan. Sikap pelaksana Program BPMKS cukup responsif dan bertanggung jawab dalam tugasnya. Masyarakat mendukung penuh berjalannya program.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 19:05
    Last Modified: 03 May 2014 19:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14646

    Actions (login required)

    View Item