PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN PADASISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Astuti, Ratih Artwiantini (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN PADASISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (411Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Kemampuan kerjasama antar siswa dalam pembelajaran Fisika pada kelas X-5 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran2012/2013 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis empat pilar pendidikan. (2) Kemampuan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran Fisika pada kelas X-5 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis empat pilar pendidikan. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMA N 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 32 siswa. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, serta tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran Fisika berbasis empat pilar pendidikan pada kelas X-5 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan kemampuan kerjasama ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis lembar observasi siswa selama penelitian berlangsung. Pada kondisi pra siklus hanya 4 dari 11 indikator yang ditunjukkan siswa dan semua belum memenuhi KKM. Pada siklus I semua aspek sudah ditunjukkan dan hanya 6 aspek yang memenuhi KKM dengan prosentase ketercapaian 66%, dan pada siklus II semua aspek sudah memenuhi KKM dengan prosentase ketercapain sebesar 78%. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan sikap ilmiah dalam pembelajaran Fisika berbasis empat pilar pendidikan pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan kemampuan sikap ilmiah dilihat berdasarkan hasil analisis lembar observasi dan angket. Pada kondisi pra siklus hanya 4 dari 6 aspek ditunjukkan siswa dan belum memenuhi KKM, pada siklus I semua aspek ditunjukkan siswa dan hanya 1 aspek yang mencapai KKM dengan prosentase ketercapaian sebesar 63%, pada siklus II semua aspek sudah mencapai KKM dengan prosentase ketercapaian sebesar 72%. Kata kunci: Empat Pilar Pendidikan, Kemampuan Kerjasama, Kemampuan Sikap Ilmiah ABSTRACT The aims of this research were to improve: (1) The ability of learning to live together in learning physics of the X-5 students of SMA N 1 Surakarta in the academic year 2012/2013 by using cooperative learning model STAD type based on four pillars of education. (2) The ability of learning to be in learning physics of the X-5 students of SMA N 1 Surakarta in the academic year 2012/2013 by using cooperative learning model STAD type based on four pillars of education. This research was a classroom action research which was conducted in two cycles. Each cycle consisted of planning, action, implementing action, observing, and reflecting. The subject of this research was X-5 students of SMA N 1 Surakarta in the academic year 2012/2013 which consisted of 32 students. The data was obtained by observation, interview, test and documentation. The technique used of analyzing data was qualitative descriptive analysis. Based on the result of the data analyze could be concluded that : (1) The implementation of cooperative learning model STAD type can improve the ability of learning to live together in learning physics based on four pillars of education of the X-5 student of SMA N 1 Surakarta in the academic year 2012/2013. The improvement of the ability of learning to live together could be seen based on the result of the students observation sheet analysis during the research conducted. In the pre-cycle condition, there only 4 of 11 indicators shown by students. In the cycle I all aspects had been shown and only 6 aspects which fulfilled the minimum passing grade criteria with percentage of 66%, and in the cycle II all aspects shown had fulfilled the minimum passing grade criteria with percentage of 78% (2) The implementation of cooperative learning model STAD type can improve the ability of learning to be in learning physics based on four pillars education of the X-5 students of SMA N 1 Surakarta. In the academic year 2012/2013. The improvement of the ability of learning to be could be seen based on the result observation sheet and quetionaire analysis. In the pre cycle there are 4 of 6 aspects shown by the students and did not fulfilled the minimum passing grade criteria yet. In the cycle I, all aspects were shown by the students and only 1 aspects fulfilled the minimum passing grade criteria with percentage of 63%. In the cycle II all aspects had fulfilled the minimum passing grade criteria with percentage of 72%. Keyword: Four Pillars of Education, Ability of Learning to Live Together, Ability of Learning to Be

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 18:57
    Last Modified: 03 May 2014 18:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14600

    Actions (login required)

    View Item