STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA KARTU SOAL DAN RODA IMPIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PRASETYANINGRUM, DINA (2013) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA KARTU SOAL DAN RODA IMPIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (483Kb) | Preview

    Abstract

    Dina Prasetyaningrum. STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA KARTU SOAL DAN RODA IMPIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Juli 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournamet (TGT) disertai media kartu soal dan roda impian terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah peneltian eksperimental. Rancangan yang digunakan adalah Randomized Pretest Posttest Comparison Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 dan kelas X-8 di SMA Negeri 7 Surakarta yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes, sedangkan prestasi belajar afektif siswa menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media kartu soal memberikan hasil prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media roda impian pada materi Hidrokarbon. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji tpihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 1,69 > ttabel = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 1,72 > ttabel = 1,67.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:40
    Last Modified: 03 May 2014 18:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14597

    Actions (login required)

    View Item