PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN MENGGUNAKAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DI SD ISLAM PK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN

Handrinastiti, Tria Lalita (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN MENGGUNAKAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DI SD ISLAM PK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (545Kb) | Preview

    Abstract

    Tria Lalita Handrinastiti. 2013. PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN MENGGUNAKAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DI SD ISLAM PK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN. Tugas Akhir. Fakultas Sastra dan Seni Rupa. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Metode TPR dapat membantu meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin di SD Islam PK Muhammadiyah Delanggu. (2) Kendala yang ditemui serta solusinya ketika penerapan metode TPR (Total Physical Response) untuk membantu meningkatkan pemahaman koskata bahasa Mandarin di SD Islam PK Muhammadiyah Delanggu. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 3 SD Islam PK Muhammadiyah Delanggu yaitu kelas Abu Bakar Assidiq, Umar Bin Khatab dan Ustman Bin Affan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan :(1) MetodeTPR (Total Physical Response)adalahmetode yang ringan sehingga cocok untuk diterapkan pada siswa SD khususnya SD Islam PK Muhammadiyah Delanggu. Penggunaan aktivitas gerak sebagai respon selain membantu siswadalam memahami kosakata yang diajarkan juga menyenangkan karena mempunyai unsur permainan. Dengan adanya unsur permainan siswa tidak mudah jenuh untuk mengikuti proses pembelajaran. (2) Pembelajaran menggunakan metode TPR kurang cocok untuk mempelajari kosakata kata benda, karena membutuhkan alat bantu peraga lain untuk dapat menggunakan metode TPR dalam proses pembelajaran.Penggunaan media gambar adalah salah satu solusi yang dipilih untuk menggunakan metode TPR dalam mengajarkan kosakata kata benda bahasa Mandarin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:29
    Last Modified: 03 May 2014 18:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14581

    Actions (login required)

    View Item