PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERAGA (APE) PAPAN FLANEL PINTAR DI TK

Wahyuningsih, Siti (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERAGA (APE) PAPAN FLANEL PINTAR DI TK. -.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1864Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan dan perkembangan berbahasa dan logika matematika anak, khususnya anak TK kelompok B, melalui penerapan alat permainan edukatif (APE) Papan Flanel Pintar. Penelitian ini merupakan pengembangan metode dan strategi pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama sama untuk peneliti dan kolaborator dalam hal ini adalah kepala sekolah dan guru TK, tentang variabel yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan kwalitas kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kemampuan anak-anak Taman Kanak-kanak Widya Putra Darma Wanita UNS Surakarta.. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa TK “Widya Putra” kelompok B yang terdiri dari 20 anak, terdiri dari sembilan (9) anak laki-laki dan sebelas (11) anak perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam waktu 6 bulan mulai bulan Juni sampai November 2010. Data yang diambil adalah data kuantitatif dari hasil unjuk kerja anak, catatan harian guru dan peneliti, serta data kualitatif yang menggambarkan kinerja anak-anak, keminatan anak terhadap Alat Peraga Edukatif, partisipasi dan kemampuan dan keberanian anak dalam kegiatan belajar secara kelompk.. Instrument yang dipakai berbentuk : lembar hasil unjuk kerja penerapan alat peraga papan flanel pintar, hasil observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Aspek yang diamati dalam setiap siklusnya adalah aktifitas dan pengaruh kemampuan anak dalam menggunakan APE papan flanel pintar untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan logika matematika anak. Validasi data yang digunakan oleh peneliti yaitu member chek dan Triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas ini berlangsung sampai pada dua siklus dan setiap siklusnya ada dua (2) kali pelaksanaan pembelajarannya dengan urut-urutannya adalah: mencakup 1) perencanaan tindakan , 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Alat Peraga Edukatif papan flanel pintar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan logika matematika anak kelompok B1 TK Widya Putra Darma Wanita Universitas Sebelas Maret Surakarta secara signifikan pada tahap perkembangannya. Dan secara integrated APE papan flanel pintar dapat meningkatkan perkembangan kemampuan atau kecerdasan yang lain.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 03 May 2014 18:17
    Last Modified: 03 May 2014 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14563

    Actions (login required)

    View Item