ANALISIS JANUARI EFFECT TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERCATAT DI BEI TAHUN 2010-2012

ROFIQ, AUNUR (2013) ANALISIS JANUARI EFFECT TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERCATAT DI BEI TAHUN 2010-2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (500Kb) | Preview

    Abstract

    Efficient Market Hypothesis says that efficient market react swiftly to relevant information. If the market is efficient, it will quickly respond to new information so that will quickly reached a new balance price. In capital market emerge phenomenon showing deviation which oppose against efficient market concept (anomaly market) or the Anomaly’s is January Effect. The data was employed in this study is secondary data from otomotif companies listed in Indonesian Stock Exchange between 2010 until 2012. Purposive sampling method is taken and generates 13 stocks as sample. Statistical analysis which used in this study is multiple regression dummy variables for the January Effect. From the regression shows result that January is month of the highest return, so that the January Effect is exist in otomotif companies listed BEI. While the t test shows only January of the significan result, so the result can trusted that January Effect is exist again stock market otomotif company listed in BEI. Key Word : January Effect, Stock, Return, Anomaly, BEI, Otomotif Company Hipotesis pasar modal yang efisien mengatakan bahwa pasar yang efisien bereaksi dengan cepat terhadap informasi yang relevan. Pada pasar yang efisien, pasar akan cepat bereaksi terhadap informasi baru yang masuk sehingga akan cepat tercapai harga keseimbangan yang baru. Pada prakteknya di pasar modal muncul fenomena yang menunjukkan penyimpangan yang bertentangan dengan konsep pasar modal yang efisien (market anomaly) atau yang disebut juga dengan January Effect Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dari perusahaan otomotif yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian 2010 sampai 2012. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 13 perusahaan dengan metode purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi berganda dengan variabel dummy untuk mengetahui adanya efek Januari terhadap pasar modal. Hasil uji regresi berganda variabel dummy menunjukkan return tertinggi ada pada bulan Januari, sehingga terbukti adanya efek Januari di perusahaan otomotif yang tercatat di BEI. Sedangkan Uji t diperoleh hasil yang signifikan hanya terdapat pada bulan Januari, sehingga lebih meyakinkan bahwa terdapat efek Januari terhadap pasar modal perusahaan otomotif yang tercatat di BEI. Kata Kunci: January Effect, Saham, Return, Anomali, BEI, Perusahaan Otomotif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 18:18
    Last Modified: 03 May 2014 18:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14541

    Actions (login required)

    View Item