STIMULASI BELAJAR MANDIRI MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH PLANT EMBRYOLOGY AND REPRODUCTION (SBI PROGRAM) DI PRODI P. BIOLOGI FKIP UNS

Probosari, Riezky Maya (2010) STIMULASI BELAJAR MANDIRI MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH PLANT EMBRYOLOGY AND REPRODUCTION (SBI PROGRAM) DI PRODI P. BIOLOGI FKIP UNS. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 7 (1). pp. 457-465.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (386Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) implementasi bahan ajar berbasis masalah dalam merangsang kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah Plant Embryology and Reproduction, 2) penggunaan bahan ajar berbasis masalah dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa pada mata kuliah Plant Embryology and Reproduction Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi identifikasi permasalahan yang ada di kelas, perencanaan tindakan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan tindakan berupa penerapan bahan ajar berbasis masalah, observasi dan evaluasi, serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 4 program SBI di Prodi P. Biologi UNS tahun ajaran 2009/2010 sejumlah 21 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes dan kajian dokumen.Validitas data dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, secara umum didapatkan bahwa pada akhir siklus 2, prosentase mahasiswa yang lulus sebesar 100% dengan prosentase nilai A dan B. Penelitian dinyatakan selesai pada akhir siklus 2 karena indikator kinerja yang diharapkan yaitu jumlah mahasiswa yang lulus minimal sebesar 80% dengan prosentase mahasiswa yang memperoleh nilai diatas B sebesar 66,67%, meningkatnya kemandirian belajar dan keaktifan mahasiswa serta meningkatnya performansi mengajar dosen di mata mahasiswa sudah tercapai. Kesimpulan yang bisa diambil adalah 1) bahan ajar berbasis masalah dapat merangsang kemandirian belajar mahasiswa 2) penggunaan bahan ajar berbasis masalah dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa baik dalam pencarian sumber belajar maupun partisipasi dalam pembelajaran. Kata kunci : bahan ajar, berbasis masalah, kemandirian belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 18:05
    Last Modified: 03 May 2014 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14518

    Actions (login required)

    View Item