Avrilliyanti, Herlina and Budiawanti, Sri and Jamzuri, (2013) PENERAPAN MEDIA KOMIK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA SMP NEGERI 5 SURAKARTA KELAS VII TAHUN AJARAN 2011/2012 MATERI GERAK. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1). pp. 156-163. ISSN 2338 – 0691
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media komik pada pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif melalui metode diskusi lebih baik daripada penggunaan media buku teks pada pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif mela lui metode diskusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelit ian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelit ian ini diambil 60 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan Teknik Analisis Uji -t Satu Ekor. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji-t satu ekor dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik pada pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif melalui metode diskusi lebih baik daripada penggunaan media buku teks pada pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif melaui metode diskusi, dapat diketahui bahwa thitung = 0,025 sehingga −ttabel = -1,697 <thitung = 0,025 <ttabel = 1,697 pada 0,05 maka H0 : μ1 ≤ μ2 ditolak. Dari uji-t satu ekor tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media komik pada pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif melalui metode diskusi lebih baik daripada penggunaan media buku teks pada pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif melalui metode diskusi. Kata kunci: penerapan media komik, pembelajaran Fisika model kooperatif, metode diskusi, materi gerak ABSTRACT The objective of research is to find out: (1) the effect of physic learning with comic media on the physical cognitive ability, (2) the effect of student learning interest on the physical cognitive ability, and (3) the effect on interaction between learning with media and student learning interest on the students’ physical cognitive ability.
Actions (login required)