KAJIAN KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANGAN BAMBU WULUNG DENGAN TAKIKAN SEJAJAR Study of Flexural Capacity of Concrete Beams with Reinforcement Wulung Bamboo with Parallel Notches

SURYONO, TONNY HARDANA (2013) KAJIAN KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANGAN BAMBU WULUNG DENGAN TAKIKAN SEJAJAR Study of Flexural Capacity of Concrete Beams with Reinforcement Wulung Bamboo with Parallel Notches. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (770Kb) | Preview

    Abstract

    Tonny Hardana Suryono, 2013. KAPASITAS LENTUR BALOK BERTULANGAN BAMBU WULUNG DENGAN TAKIKAN SEJAJAR. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Baja Tulangan adalah produk hasil tambang yang keberadaannya suatu saat akan habis. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagai alternatif dicoba pemakaian tulangan bambu yang murah dan berkekuatan tinggi. Bambu adalah tanaman yang termasuk Bamboidae, salah satu anggota sub familia rumput, pertumbuhannya sangat cepat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan total benda uji 6 buah. Metode yang digunakan pada saat pengujian balok beton menggunakan four point loading. Benda uji yang digunakan adalah balok beton berukuran P = 1700 mm, L = 100 mm, T = 150 mm dengan diameter tulangan baja Ø = 10 mm dan tiga buah lagi menggunakan tulangan bambu wulung dengan takikan sejajar P = 1500 mm dengan dimensi takikan P = 6 mm, L = 3 mm. Mutu beton yang direncanakan adalah f’c = 15 MPa. Uji lentur dilakukan pada umur 28 hari. Ditinjau dari kapasitas lenturnya, diperoleh momen nominal hasil pengujian balok beton dengan tulangan baja di Laboratorium sebesar 0,54213 tonm, sedangkan ditinjau dari hasil analisisnya diperoleh momen sebesar 0,48342 tonm atau setara dengan 89,19% dari momen hasil pengujian. Pada pengujian balok beton bertulangan bambu wulung dengan takikan sejajar di Laboratorium diperoleh momen sebesar 0,14891 tonm, sedangkan ditinjau dari hasil anlisisnya diperoleh momen sebesar 0,21596 atau setara dengan 68,95% terhadap hasil analisisnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 17:48
    Last Modified: 03 May 2014 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14511

    Actions (login required)

    View Item