ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP NIAT BELANJA ONLINE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS)

Selviana, Anita (2013) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP NIAT BELANJA ONLINE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (679Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan, dan persepsi harga terhadap niat belanja online yang dimediasi oleh sikap konsumen. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor yang membentuk niat belanja online pada mahasiswa fakultas Ekonomi UNS. Data dikumpulkan melalui survey dengan cara mewawancarai responden yang dipandu dengan kuesioner. Sampel terdiri dari 200 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS yang berniat belanja online. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan convenience sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan kualitas data. Structural Equation Model (SEM) adalah metode statistik yang dipilih untuk mengelaborasi hubungan antar variabel, yang masing-masingmerupakanunobserved variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan dalam membentuk sikap konsumen, keamanan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen, persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen, sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap niat belanja online. Dalam penelitian ini, baik keterbatasan dan implikasi dibahas untuk memberikan wawasan kearah teoritis, aspek penelitian praktis, dan aspek terhadap penelitian selanjutnya. Kata kunci : persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, keamanan, persepsi harga, sikap konsumen, niat pembelian, dan belanja online The aim of this research is to examine consumer’s perceived usefulnees, perceived ease of use, security and perceived price of online shopping and how it influences the consumer’s attitude. In addition, this research is also aim to determine the factors that shape the intention of online shopping towards students of the Faculty of Economics Sebelas Maret University. Data is collected through surveys by interviewing respondents who are guided with questionnaires. Sample consists of twenty students from the Faculty of Economics Sebelas Maret University who intended to shop online. The technique of sample collecting is convenience sampling. Test of validity and reliability are done to ensure the data quality. Structural Equation Model (SEM) is a statistical method chosen to elaborate the relation between variable, each of which is unobserved variable. Result shows that perceived usefulness has significant effect on consumers’ attitude, perceived ease of use has significant effect on consumer attitude, security does not have significant effect on consumer attitude, perceived price has significant effect on consumer attitude, and consumers’ attitude have significant effect on intention online shopping. In this study, limitations and implications are also discussed in order to give insight toward theoretical, practical, and future research aspects Keywords : perceived usefulness, perceived ease of use, security, perceived price, consumers’ attitude, purchase intention, and online shopping

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 17:34
    Last Modified: 03 May 2014 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14498

    Actions (login required)

    View Item