PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA POCKET BOOK DAN TANPA POCKET BOOK PADA MATERI KINEMATIKA GERAK MELINGKAR KELAS X

Sulistyani, Nurul Hidayati Dyah and Jamzuri, and Rahardjo, Dwi Teguh (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA POCKET BOOK DAN TANPA POCKET BOOK PADA MATERI KINEMATIKA GERAK MELINGKAR KELAS X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1). pp. 164-172. ISSN 2338 – 0691

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (117Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar Fisika siswa antara yang menggunakan pocket book dan tanpa pocket book pada materi Kinematika Gerak Melingkar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Surakarta melalui teknik simple random sampling. Perbandingan yang diuji adalah hasil belajar Fisika siswa antara yang menggunakan pocket book dan tanpa pocket bookpada materi Kinematika Gerak Melingkar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan awal siswa yang diperoleh dari nilai ulangan harian materi Gerak Lurus. Keadaan awal diuji kesamaa data dengan uji normalitas dengan metode Liliefors, uji homogenitas dengan metode Barlett dan uji-t dua ekor untuk mengetahui kesamaan keadaan awal siswa. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar Fisika siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t dua ekor.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan pocket book (nilai mean= 81,27) dan tanpa pocket book (nilai mean= 77,73) terhadap hasil belajar Fisika siswa pada materi Kinematika Gerak Melingkar kelas X,. Hasil perbedaan diperoleh thitung> ttabel=2,097>2,000 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti ada perbedaan hasil belajar Fisika siswa yang menggunakan pocket book (X1) dan tanpa pocket book (X2)pada materi Kinematika Gerak Melingkar. Kata kunci: Hasil belajar, menggunakan pocket book, materi Kinematika Gerak Melingkar. ABSTRACT The purpose of research areto determine the presence or absence of differences in student learning outcomes between usepocket book and without pocket book on Circular Motion Kinematics. The research which use the method of experimental research. Research conducted at SMAN 4 Surakarta through simple random sampling technique. Comparisons were tested are student learning outcomes between use pocket book and without pocket book on Circular Motion Kinematics. Techniques of collecting data are used documentation techniques and testing techniques. Documentation techniques are used to determine the initial state student from daily test score on Straight Motion material. Initial state tested similarity data use the Liliefors normality test method, homogeneity test use Barlett method, and t-two-tailed test to determine the similarity of the initial state student. Techniques test are used to determine student learning outcomes were then analyzed by using t-two-tailed test. Based on data analysis and discussion, it can be concluded that there is a significant difference between the use of a pocket book (mean = 81.27) and without pocket book (mean = 77.73) on student learning outcomes in Circular Motion Kinematics material class X. The results supported are tcount> ttable =2,097>2,000 significant differences in the level of 5%, which means that there are differences in student learning outcomes using a pocket book (X1) and without pocket book (X2) on Circular Motion kinematics material. Keywords: student learning, pocket book media, Circular Motion kinematics.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 17:14
    Last Modified: 03 May 2014 17:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14472

    Actions (login required)

    View Item