MODEL PERSEDIAAN CONTINUOUS REVIEW DENGAN POTONGAN HARGA KARENA PERMINTAAN TERTUNDA PADA SAAT JUMLAH BARANG YANG DITERIMA TIDAK PASTI

PRASETYO, JOKO (2013) MODEL PERSEDIAAN CONTINUOUS REVIEW DENGAN POTONGAN HARGA KARENA PERMINTAAN TERTUNDA PADA SAAT JUMLAH BARANG YANG DITERIMA TIDAK PASTI. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (905Kb) | Preview

    Abstract

    Joko Prasetyo. 2013. MODEL PERSEDIAAN CONTINUOUS REVIEW MEMPERTIMBANGKAN POTONGAN HARGA KARENA PERMINTAAN TERTUNDA PADA SAAT JUMLAH BARANG YANG DIPESAN TIDAK PASTI. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret. Tugas akhir ini menunjukkan model persediaan continuous review mempertimbangkan variabel waktu tunggu dengan kondisi partial backorder, pada saat jumlah barang yang diterima berbeda dengan jumlah barang yang dipesan. Biaya pemesanan dapat dikurangi dengan adanya investasi. Jumlah pemesanan dan titik pemesanan kembali yang optimal dapat meminimalkan biaya penyimpanan, dalam hal ini titik pemesanan kembali dapat ditentukan oleh faktor pengaman yang optimal. Tugas akhir ini meneliti waktu tunggu dapat dibagi menjadi beberapa komponen, setiap komponen mempunyai crashing cost untuk mempersingkat waktu tunggu dan biaya yang ditetapkan. Jika barang habis dalam sistem persediaan yang memperbolehkan kekurangan persediaan, perusahaan dapat menawarkan potongan harga untuk menambah loyalitas, toleransi dan pelayanan pelanggan untuk mengganti ketidaknyamanan karena permintaan tertunda. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meminimalkan total biaya persediaan dengan mengoptimalkan jumlah pemesanan, potongan harga karena permintaan tertunda, titik pemesanan kembali, biaya pemesanan dan waktu tunggu. Selain itu permintaan selama waktu tunggu diasumsikan berdistribusi normal. Algoritma digunakan untuk menentukan solusi optimal, dan simulasi numerik digunakan untuk mensimulasikan hasil.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 16:59
    Last Modified: 03 May 2014 16:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14468

    Actions (login required)

    View Item