PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN LOMBA MEMINDAHKAN BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT 60 METER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 0 1 PESUCEN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG

Sunidah, (2013) PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN LOMBA MEMINDAHKAN BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT 60 METER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 0 1 PESUCEN KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (225Kb) | Preview

    Abstract

    ASBTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Lari 60 Meter, khususnya sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, untuk mengenalkan model baru pembelajaran Lari 60 Meter pada siswa. Jika berhasil bisa diikuti oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan pengukuran kemampuan gerak dasar lokomotor dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi planning, acting, observasi dan reflecting. Dari hasil analisis yang diperoleh, terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2, baik dari peningkatan nilai ratarata hasil pembelajaran lari 60 meter siswa maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata hasil pembelajaran lari 60 meter pada rata-rata kondisi awal (67,97), rata-rata siklus 1 (71,03), dan rata-rata siklus 2 (76,60) sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar (8,63). Juga dapat dilihat dari ketentuan nilai ketuntasan minimal/KKM (70,00) adalah nilai rata-rata kondisi awal siswa hanya 16 siswa dari 30 siswa yang memiliki nilai di atas KKM (70,00) atau tuntas sebesar (53,33%). Nilai rata-rata peningkatan hasil pembelajaran dari kondisi awal siswa dengan pembelajaran pada siklus 1 sebanyak 16 siswa dari 30 siswa, atau tuntas sebesar (53,33%) siswa yang memiliki nilai di atas KKM (70,00). Nilai rata-rata pada peningkatan siklus 2 sebanyak 25 siswa dari 30 siswa, atau tuntas sebesar (83,33%) siswa yang memiliki nilai di atas KKM (70,00). Hasil penelitian yang diperoleh ini mempunyai implikasi bagi perkembangan pengajaran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah pada umumnya dan khususnya di SD Negeri 01 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Guru pendidikan jasmani dapat menerapkan pembelajaran atletik dengan materi lari 60 meter dengan pendekatan model bermain. Pendekatan pembelajaran dengan model bermain ini juga dapat digunakan untuk pembelajaran atletik cabang dan nomor yang lainnya, sebagai variasi dari pembelajaran dan daya tarik terhadap materi pembelajaran atletik. Kata kunci: pendekatan bermain, hasil belajar, lari 60 meter

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:15
    Last Modified: 03 May 2014 17:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14437

    Actions (login required)

    View Item