PERAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PATI

Widyaningtyas, Anisa and Sukarmin, and Radiyono, Yohanes (2013) PERAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PATI. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1). pp. 136-143. ISSN 2338 – 0691

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (267Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRACT The research aim are to determine whether there is a role of learning environment and learning readiness on student’s Physics achievement of Senior High School 1 Pati grade X. This research uses correlation quantitative method. The populations of this research are entire students in grade X some 288 students with a sample of 50 students. Sampling is taken by using cluster random sampling technique. Data collection techniques are questionnaires and documentation. Questionnaire technique is used to collect learning environment and learning readiness data. Documentation technique is used to collect student’s Physics achievement data. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis with the data requirements techniques are normality test, independent test, and linearity test. Based on the data analysis of this research, it can be concluded that there is a significant role of learning environment and learning readiness on student’s Physics achievement of Senior High School 1 Pati grade X with 0.451 of correlation coefficient and 6.009 of regression coeffiecient (F) with 20.4% of effective contribution. The effective contribution value of each predictor are 13.175% for learning environment role and 7.189% for learning readiness role. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya peran lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Pati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sejumlah 288 siswa dengan sampel 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik angket digunakan untuk mendapatkan data lingkungan belajar dan kesiapan belajar. Angket yang digunakan dalam penelitian telah diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas angket. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar fisika. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan uji prasyarat hipotesis meliputi uji normalitas, uji independensi, dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peran lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Pati dengan koefisien korelasi sebesar 0.451 dan koefisien arah regresi sebesar F = 6.009 dengan sumbangan efektif sebesar 20.4%. Sumbangan efektif masing-masing prediktor yaitu lingkungan belajar memiliki peran 13.175% dan kesiapan belajar memiliki peran 7.189%.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 15:28
    Last Modified: 03 May 2014 15:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14421

    Actions (login required)

    View Item