PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI GAYA

Nugroho, Aris Prasetyo and Raharjo, Trustho and Wahyuningsih, Daru (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI GAYA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1). pp. 11-18. ISSN 2338 – 0691

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (198Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa ular tangga pada pembelajaran Fisika materi Gaya yang memenuhi kriteria baik ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yang menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa permainan ular tangga termasuk kriteria sangat baik ditinjau dari motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media memberikan rata-rata penilaian sebesar 87.778% dan hasil angket siswa awal dan akhir yang memberikan rata-rata peningkatan sebesar 6.943%. Selain itu juga dianalisis dengan menggunakan Uji-t berpasangan terhadap data masing-masing kelompok uji coba untuk mengetahui signifikansi dari peningkatan motivasi belajar siswa. Untuk uji perorangan SMP Negeri 1 Jaten diperoleh hasil perhitungan thitung = 6.286 > ttabel = 2.919 dan nilai Sig. = 0.024 < 0.05, dan SMP Negeri 1 Mojogedang thitung = 47.000 > ttabel = 2.919 dan nilai Sig. = 0.000 < 0.05 yang berarti sangat signifikan. Untuk uji kelompok kecil SMP Negeri 1 Jaten diperoleh hasil perhitungan thitung = 13.534 > ttabel = 1.796 dan nilai Sig. = 0.000 < 0.05, dan SMP Negeri 1 Mojogedang thitung = 3.251 > ttabel = 1.796 dan nilai Sig. = 0.008 < 0.05 yang berarti sangat signifikan. Untuk uji kelompok besar SMP Negeri 1 Jaten diperoleh hasil perhitungan thitung = 4.488 > ttabel = 1.699 dan nilai Sig. = 0.000 < 0.05, dan SMP Negeri 1 Mojogedang thitung = 18.354 > ttabel = 1.689 dan nilai Sig. = 0.000 < 0.05 yang berarti sangat signifikan. Kata Kunci : Permainan Ular Tangga, Motivasi Belajar Siswa, Materi Gaya ABSTRACT The purpose of this research is to develop a learning media of snake and ladder game that is good for the SMP subject force with respect to student’s motivation of junior high school students.This research includes the development of research that uses methods of research and development (R & D).Development model used in this study is that procedural models that is descriptive models that show the steps to be followed to produce learning media. Data obtained through interviews and questionnaires. The used data analysis technique is a qualitative descriptive analysis. Based on the research that has been done, it can be concluded that the learning media in the form of snakes and ladders game including criteria very well in terms of students’ motivation. This is shown from the results of the assessment of material experts and media experts that give an average rating of 87.778% and the results of student questionnaire initial and final that gives an average increase of 6.943%. It is also analyzed using paired t-test sample to the data of each group to determine the significance of the increase in students’ motivation. To test individual SMP Negeri 1 Jaten results obtained thitung = 6.286 > ttabel = 2.919 and Sig. = 0024 < 0.05, and SMP Negeri 1 Mojogedang thitung = 47.000 > ttabel = 2.919 and Sig. = 0.000 < 0.05, which means very significant. For a small group of test SMP Negeri 1 Jaten results obtained thitung = 13.534 > ttabel = 1.796 and Sig. = 0.000 < 0.05, and SMP Negeri 1 Mojogedang thitung = 3.251 > ttabel = 1.796 and Sig. = 0.008 < 0.05, which means very significant. To test a large group of SMP Negeri 1 Jaten results obtained thitung = 4.488 > ttabel = 1.699 and Sig. = 0.000 < 0.05, and SMP Negeri 1 Mojogedang thitung = 18.354 > ttabel = 1.689 and the Sig. = 0.000 <0.05, which means very significant. Key words : snake and ladder game, students’ motivation, Force

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 15:15
    Last Modified: 03 May 2014 15:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14419

    Actions (login required)

    View Item