(B. Ekonomi) Strategi Pengembangan Klaster Kompetensi Inti Daerah di Provinsi Jawa Tengah dalam Upaya Akselerasi Pengembangan Ekonomi di Jawa Tengah

Pitana, Titis Srimuda and Supriyadi, and Himawanto, Dwi Aries and Sutopo, Wahyudi and Widiastuti, and Risandewi, Tri Himawanto (2012) (B. Ekonomi) Strategi Pengembangan Klaster Kompetensi Inti Daerah di Provinsi Jawa Tengah dalam Upaya Akselerasi Pengembangan Ekonomi di Jawa Tengah. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kondisi existing dari klaster kompetensi inti daerah di Jawa Tengah, memetakan klaster yang masuk dalam katagori kegiatan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah menurut skema MP3EI, membuat model pengembangan klaster kompetensi inti daerah yang termasuk dalam kategori kegiatan ekonomi utama menurut skema MP3EI, membuat model dan road map pengembangan klaster kompetensi inti daerah yang tidak termasuk dalam kategori kegiatan ekonomi utama menurut skema MP3EI dan membuat rekomendasi kebijakan berdasarkan model yang dibuat dalam kerangka pengoptimalan semua potensi yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Urgensi penelitian ini untuk dilaksanakan adalah dalam upaya optimalisasi semua potensi ekonomi yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan cara mensinkronisasi kebijakan yang dilaksanakan di tingkat daerah (dalam hal ini Provinsi Jawa Tengah) dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat. Penelitian ini akan diawali dengan pemetaan kondisi existing klaster kompetensi inti yang ada di Provinsi Jawa Tengah, pola pengembangan yang telah dilakukan, keterkaitan dengan kebijakan MP3EI dengan klaster yang ada (baik yang masuk dalam ranah fokus kegiatan ekonomi utama maupun yang tidak). Tahapan selanjutnya dilakukan analisa kebijakan dan model pengembangan klaster dengan menggunakan metode SWOT. Untuk menyempurnakan hasil penelitian dilakukan Focus Group Discussion (FGD). Dari hasil penelitian didaptkan bahwa permasalahan utama dari pengembangan klaster komptensi inti daerah di Provinsi Jawa Tengah adalah masalah koordinasi dan komimen mengenai pengembangan klaster tersebut. Secara program kerja, semua SKPD telah menjalankan tugasnnya masing-masing, namun untuk kesamaan pandangan mengenai pengembangan klaster masih belum sama. Model pengembangan yang diusulkan adalah penguatan koorsinasi dan sinkronisasi kegiatan melalui penguatan komitmen pengembangan klaster. Secara kelembagaan, hal tersebut beujud Komite MP3EI Provinsi yang diharapkan dapat memperkuat koordinasi dan sinkronisasi semua kegiatan pengembangan klaster di Provinsi Jawa Tengah.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 06:26
    Last Modified: 03 May 2014 06:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14417

    Actions (login required)

    View Item