(B. Sosial) Faktor - Faktor yang mempengaruhi Keberhasilan Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Masyarakat Miskin (Studi Perbandingan Daerah Percontohan dan Daerah Replikasi)

Mafruhah, Izza and Gravitiani, Evi and Tuhana, (2012) (B. Sosial) Faktor - Faktor yang mempengaruhi Keberhasilan Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Masyarakat Miskin (Studi Perbandingan Daerah Percontohan dan Daerah Replikasi). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Kemiskinan merupakan permasalahan nasional yang mendesak dan memerlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh, untuk memenuhi hak – hak dasar warga negara secara layak melalui pembangunan inklusif, berkeadilan, berkelanjutan dan mewujudkan kehidupan yang bermartabat. Pembangunan inklusif diartikan sebagai pembangunan yang mengikutsertakan dan sekaligus memberi manfaat kepada seluruh masyarakat. Pemberdayaan merupakan kebutuhan utama pembangunan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujaun (1) untuk mengetahui bagaimana upaya pemberdayaan masyarakat untuk melakukan replikasi kelompok masyarakat miskin (Pokmaskin) di desa Wukirsari. Replikasi adalah rekayasa sosial di desa pada daerah perdesaan dan perkotaan. Alat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah AHP. (2) untuk menyusun model pemberdayaan kelompok masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peringkat pertama yang mempengaruhi pemberdayaan masyarakat adalah faktor internal yang terdiri atas pendidikan, modal sosial, potensi daerah dan produksi. Peringkat kedua adalah kelembagaan yang terdiri atas aspek legalitas, peran pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan faktor geografis. Peringkat ketiga adalah faktor eksternal yang terdiri atas pelatihan dan pendampingan, permodalan, peningkatan produksi dan pemasaran. Model pemberdayaan melalui kelompok masyarakat melalui tahap (1) peningkatan motivasi (2) Pengembangan organisasi atau kelompok masyarakat dan (3) Dukungan berbagai pihak untuk mendukung pemberdayaan.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 03 May 2014 06:15
    Last Modified: 03 May 2014 06:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14414

    Actions (login required)

    View Item