PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Indarti, and Chumdari, and Djaelani , (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (10).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (218Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research is to improve result of Science study by using the implementation of Science Technology Society approach. The form of the research is classroom action research consists of three cycles. Every cycle consists of four stages, they are planning, action, observation and reflection. The technique of data collection are observation, test, and documentation. The technique of data analysis is interactive. Based on the result of the research, it can be concluded that the implementation of Science Technology Society approach can improve the result Science study. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Kata Kunci : Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Hasil belajar IPA

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 04:41
    Last Modified: 03 May 2014 04:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14397

    Actions (login required)

    View Item