PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC

Rahmawati, Ari Kusuma and Sutijan, and Samidi , (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (10).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (248Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract: The subjective of this research is to improve the intensive reading skills on the students in grade IV of State Primary School 01 Gemawang, Wonogiri in Academic Year 2012/2013. The type of this research is classroom action research (CAR) it consists of two cycles. Every cycles consist of four phases, that are planning, action implementation, observation, observation, and, reflection. The subject of this research is the students in grade IV of State Primary School 01 Gemawang that consist of 12 students and the teacher in grade IV of State Primary School 01 Gemawang, Wonogiri in academic year 2012/2013. Data collecting tecnique are interview, observation, documentation, and test.The data analisys technique is interactive analysis model, it consist of four components, there are data collecting, data reducting, data display, and conclution or verification. Data validity in this research are using content validity with triangulation data source and triangulation of methods. The results of research show that by applying cooperative learning model of CIRC type is able to improve the intensive reading skills of the students in grade IV of State Primary School 01 Gemawang, Wonogiri in Academic Year 2012/2013. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan memnac intensif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada peserta didik kelas IV SDN 01 Gemawang, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindalak kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Gemawang, yang berjumlah 12 peserta didik dan guru kelas IV SDN 01 Gemawang Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri atas empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada peserta didik kelas IV SDN 01 Gemawang, Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Kata kunci: CIRC, membaca intensif

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 04:30
    Last Modified: 03 May 2014 04:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14391

    Actions (login required)

    View Item