Efektivitas Perkuliahan IPBA Terintegrasi Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Menanamkan Karakter Diri Mahasiswa Calon Guru SMP pada Tema Tata Surya

W. Liliawati, and N.Y. Rustaman, and D. Herdiwijaya, and D. Rusdiana, (2013) Efektivitas Perkuliahan IPBA Terintegrasi Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Menanamkan Karakter Diri Mahasiswa Calon Guru SMP pada Tema Tata Surya. Indonesian Journal of Applied Physics, 3 (1). pp. 1-9. ISSN 2089 – 0133

[img] PDF - Published Version
Download (236Kb)

    Abstract

    ABSTRACT Submission of Earth and Space Science materials to junior high school prospective teachers has been done through the development and implementation of multiple intelligences based- integrated Earth and Space Science (MIB-IESS) lecture. The materials are separated into Earth Science and Space Science all this time. In practice materials are given through natural science and social science within junior high school national curriculum which makes the stu- dents’ knowledge is not intact. To determine the effectiveness of MIB-IESS we employ Pretest-Postest Control Group Design. A number of students (N = 51) are involved as re- search subjects to be one experimental class using MIB-IESS (N = 25) and a control class (N = 26). The experimental class integrates the Earth and Space Science material and develop students’ multiple intelligences. The results of study shows an increase of normalized gain score for experimental and control classes of 43.9% and 19.9% respectively, besides the im- provement of concept understanding for experimental class significantly. The analytical test that measures the ability to identify natural phenomenon, linking the various disciplines (themes web), and identify the impact of phenomenon, shows that normalized gain score is in- creased by 82%. The characters which are built through MIB-IESS (including sensitivity to natural phenomena, structured logical thinking, draw a sketch or model of the solar system, hard work, discipline, democratic, honest and communicative) are within entrenched criteria (internalized) Keyword: Integrated of Earth and Space Science, Multiple Intelligence, Character ABSTRAK Studi tentang pembekalan materi IPBA kepada calon guru SMP dilakukan melalui pengem- bangan dan implementasi perkuliahan IPBA Terintegrasi Berbasis Kecerdasan Majemuk (ITB-KM), karena cakupan Ilmu Bumi dan Antariksa sering dipersepsi menjadi dua materi kebumian dan keantariksaan yang diberikan secara terpisah. Di SMP, materi IPBA diberikan melalui mata pelajaran IPA dan IPS, sehingga pengetahuan siswa tidak utuh.. Untuk mengetahui efektifitas dari ITB-KM dipilih pretest-postest control group Design. Sejumlah mahasiswa (n= 51) terlibat sebagai subyek penelitian dengan satu kelas eksperimen menggunakan ITB-KM (n=25) dan satu kelas kontrol (n= 26) memisahkan antara materi kebumian dan astronomi serta mengembangkan kecerdasan majemuk. Hasil penelitian dengan menggunakan tes kemampuan IPBA Terintegrasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, memberikan hasil bahwa kedua kelas tersebut homogen, terjadi peningkatan dari skor gain ternormalisasi untuk kelas ekperimen dan kontrol sebesar 43,9% dan 19,9%, dan terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep yang signifikan antara kedua kelas. Dari hasil tes uraian yang mengukur kemampuan mengidentifikasi fenomena alam, mengaitkan dengan berbagai disiplin ilmu (jaring tema), serta mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan, terjadi peningkatan skor gain ternormalisasi sebesar 82%. Karakter diri yang tertanam melalui ITB-KM (kepekaan terhadap fenomena alam, berpikir logis terstruktur, menggambar sketsa atau model tata surya, kerja keras, disiplin, demokratis, kejujuran dan komunikatif) dengan kriteria mulai membudaya (terinternalisasi). Kata kunci: IPBA Terintegrasi, Kecerdasan Majemuk, Karakter diri

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Integrated of Earth and Space Science, Multiple Intelligence, Character IPBA Terintegrasi, Kecerdasan Majemuk, Karakter diri
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Users 859 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 05:04
    Last Modified: 01 Sep 2016 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1439

    Actions (login required)

    View Item