Model Pembelajaran Kooperatif untuk Pengembangan Keterampilan Berbahasa Inggris Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Inggris PPs UNS

Ngadiso, and Asib, Abdul (2012) Model Pembelajaran Kooperatif untuk Pengembangan Keterampilan Berbahasa Inggris Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Inggris PPs UNS. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan kelemahan-kelemahan dari model pembelajaran Academic Speaking dan Academic Writing yang dilakukan saat ini di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris; dan (2) merancang model pembelajaran kooperatif untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan menulis mahasiswa Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) untuk mengembangkan model pembelajaran kooperatif untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan menulis mahasiswa Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. R & D merupakan proses untuk mengembangkan dan memvalidasi hasil-hasil pengembangan pendidikan. Langkah-langkah proses pengembangannya meliputi: (1) menggali kelemahan-kelemahan dari model pembelajaran Academic Speaking dan Academic Writing yang dilakukan saat ini di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris; dan (2) merancang model pembelajaran kooperatif untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan menulis mahasiswa Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris.; (3 mengujicobakan model pembelajaran kooperatif yang telah dirancang agar model tersebut benar-benar feasible dan dapat mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris (terutama keterampilan berbicara dan menulis) mahasiswa Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menemukan kelemahan-kelemahan dari model pembelajaran Academic Speaking dan Academic Writing yang dilakukan saat ini di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris sebagai berikut: (a) didominasi dengan ceramah yang membosankan dan sulit dipahami; (b) bersifat monoton karena kurangnya variasi model atau metode; (c) topik tidak menarik; (d) tugas bersifat individual; (e) diskusi jarang dilakukan; (f) siswa pasif; dan (g) kurang praktek dan latihan. Untuk menciptakan situasi belajar yang memungkinkan mahasiswa aktif belajar, perlu dirancang suatu model pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa belajar menggunakan bahasa (target) atau meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Model pembelajaran yang akan dikembangkan adalah model pembelajaran kooperatif, yaitu satu variasi metode mengajar yang membuat mahasiswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu dalam belajar (model pembelajaran kooperatif yang dirancang terlampir). CAPAIAN INDIKATOR KINERJA Indikator kinerja yang telah dicapai pada penelitian tahun pertama adalah sebagai berikut: 1. Model pembelajaran Academic Speaking dan Academic Writing yang dilakukan saat ini di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. 2. Kelemahan-kelemahan dari model pembelajaran Academic Speaking dan Academic Writing yang dilakukan saat ini di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. 3. Rancangan model pembelajaran kooperatif untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan menulis mahasiswa Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. 4. Artikel Ilmiah (terlampir) sudah diterima dan dipresentasikan pada Seminar Internasional (The 2nd UAD TEFL International Conference University of Ahmad Dahlan, Yogyakarta October 13-14, 2012 ).

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 03:38
    Last Modified: 03 May 2014 03:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14376

    Actions (login required)

    View Item