PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER BANGSA SISWA

Yunita, Risa and Kuswadi, and Chumdari, (2014) PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER BANGSA SISWA. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1 (9).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (225Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract. The purpose of this research is to improve the nation character value consisted of tolerance, discipline, curiosity, nasionalism and responsibility of student by implementation of contextual teaching and learning model in social studies. This research is a classroom action research (CAR) which consisted of two cycles, each cycle had two meetings. Source of the data is teacher and students. The data collecting technique was interview, observation, and questionnaires. The data validity was triangulasi data source technique and method. The data analyzing was interactive analysis technique which consisted of 3 components; they are data reduction, data presentation, and making conclusion or verification. The result of the research showed that the implementation of contextual teaching and learning model in social studies could improve the character value tolerance, discipline, curiosity, nasionalism and responsibility of student. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai karakter bangsa yang terdiri atas toleransi, disiplin, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan tanggung jawab siswa melalui penerapan model kontekstual pada pembelajaran IPS. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan metode. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Kontekstual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan nilai karakter toleransi, disiplin, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan tanggung jawab siswa. Kata Kunci: Nilai karakter, Model Kontekstual, IPS

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 May 2014 03:34
    Last Modified: 03 May 2014 03:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14367

    Actions (login required)

    View Item