Pendidikan Multikultural dalam Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama di Surakarta

Suwandi, Sarwiji and Jubagyo, Hermanu and Rohmadi, Muhammad and Purwanto, Joko and Hutagalung, Trisnawati and Alpansori, Muh. Jaelani (2012) Pendidikan Multikultural dalam Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama di Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Kata kunci: buku ajar, bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan multikultural Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI) Berwawasan Multikultural bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan dengan Research and Development (R & D). Penelitian pada tahap pertama ini bertujuan (1) mendeskripsikan dan mengeksplanasikan kualitas buku ajar BSI yang digunakan guru bahasa Indonesia (BI) dan (2) merumuskan kebutuhan guru dan siswa terhadap pendidikan multikultural dalam buku ajar BSI. Pada tahap pertama dilakukan studi pendahuluan melalui kegiatan (1) studi kepustakaan, (2) analisis isi terhadap buku ajar BSI yang digunakan guru BI, dan (3) studi lapangan melalui pemberian angket dan wawancara mendalam dengan guru bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap tujuh buku pelajaran BSI untuk siswa kelas VIII SMP sebagai sampel dapat disimpulkan bahwa buku-buku tersebut belum mengakomodasi nilai-nilai pendidikan multikultural secara lengkap. Hal tersebut tampak pada masih minimnya muatan dimensi-subdimensi pendidikan multikultural. Buku ajar BSI yang dibutuhkan guru dan siswa adalah buku yang tidak semata-mata menyajikan materi kebahasaan dan sastra untuk mewujudkan kemahiran berbahasa dan apresiasi sastra, tetapi buku ajar yang di dalamnya memuat dan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural. Nilai pendidikan multikultural mencakupi lima dimensi, yakni (1) penintegrasian materi; (2) proses mengonstruksi pengetahuan; (3) penyesuaian metode pembelajaran; (4) pengurangan prasangka; dan (5) penguatan budaya sekolah dan struktur sosial. Masing-masing dimensi dijabarkan lagi ke dalam sejumlah subdimensi berikut. Subdimensi budaya, sastra, dan bahasa (dalam dimensi pengintegrasian materi), subdimensi konsep dan aplikasi (dalam dimensi proses mengonstruksi pengetahuan), subdimensi individu dan kelompok (dalam dimensi penyesuaian metode pembelajaran), subdimensi agama, suku/ras/etnik, struktur sosial/ekonomi, keadilan, dan demokrasi (dalam dimensi pengurangan prasangka), serta subdimensi budaya sekolah dan struktur sosial (dalam dimensi penguatan budaya sekolah dan struktur sosial)

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 03 May 2014 03:22
    Last Modified: 03 May 2014 03:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14364

    Actions (login required)

    View Item